ILMU TEKNIK SIPIL ADALAH IBU DARI SEGALA ILMU TEKNIK LAINNYA?

by | Mar 11, 2021 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Cari Berdasarkan Kategori

Recent Comments

Klik Play untuk mendengarkan rangkuman audio dari artikel berikut

[player id=’9671′]

 

Teknik Sipil adalah salah satu cabang dari teknik yang berhubungan dengan konstruksi bangunan seperti jembatan, bendungan dan pemasangan bangunan. Ilmu teknik telah menjadi bagian dari aspek kehidupan sejak awal keberadaan manusia. Teknik sipil biasanya disebut ibu dari semua ilmu teknik karena selalu adanya keterkaitan antara ilmu teknik lainnya dengan ilmu teknik sipil. Ibaratnya sejauh apapun ilmu teknik itu, pasti aka nada campur tangan ilmu teknik sipil.

”Teknik

Mahasiswa yang sedang melakukan survey dengan seorang professor dari Helsinki University of Technology pada akhir abad 19 (Sumber Gambar : wikipedia.org)

 

TEKNIK DAN TEKNIK SIPIL

 

Teknik adalah pengaplikasian pengetahuan yang diperoleh dari sains, matematika, ekonomi, dan pengalaman praktis dalam berbagai bidang. Teknik membantu untuk menemukan, merancang, membangun, memelihara, dan meningkatkan semua jenis struktur, mesin, perangkat, sistem, bahan, dan proses.

Teknik sipil adalah disiplin ilmu teknik yang menangani desain, konstruksi, dan pemeliharaan pekerjaan umum seperti gedung, jalan, jembatan, sistem air dan energi serta fasilitas umum seperti pelabuhan, kereta api, dan bandara. Keseluruhan teknik sipil adalah dari manusia untuk manusia. Teknik sipil adalah pekerjaan yang dilakukan insinyur sipil untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan dan fasilitas yang digunakan kebanyakan orang pada umumnya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Ruang lingkup para pekerja teknik sipil berkaitan dengan hampir setiap aspek kehidupan kita sehari-hari. Dari air yang Anda gunakan untuk menyikat gigi di pagi hari hingga jalan yang Anda lalui untuk bekerja dan sekolah Anda, dan masih banyak lagi.

Pada abad ke-18, istilah teknik sipil diperkenalkan untuk menggabungkan semua hal tentang sipil sebagai lawan dari teknik militer. Insinyur sipil pertama yang memproklamirkan diri adalah John Smeaton, yang membangun Mercusuar Eddystone.

 

KONTRIBUSI DARI INSINYUR KONSTRUKSI

 

Orang-orang awam mungkin tidak menyadari kontribusi besar yang dibuat oleh insinyur sipil kepada masyarakat. Hanya dengan mendalami tugas yang dilakukan insinyur konstruksi, seseorang dapat memahami pentingnya pekerjaan mereka dan banyak tanggung jawab mereka.

Teknik sipil memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup, mulai dari mengembangkan pasokan air yang lebih baik, sistem saluran pembuangan kota, instalasi pengolahan air limbah, hingga desain bangunan untuk melindungi kita dari bahaya bencana alam dan menyediakan perawatan kesehatan, hingga pertanian yang lebih baik. Melalui proyek pengembangan dan distribusi sumber daya air hingga perubahan dalam sistem transportasi, para insinyur konstruksi telah mengembangkan infrastruktur dasar yang menjadi sandaran masyarakat umum. Insinyur konstruksi adalah mereka yang berdedikasi pada pengembangan teknologi untuk kebaikan bersama dan publik.

 

TEKNIK SIPIL ADALAH ‘IBU’ DARI ILMU TEKNIK LAINNYA

 

Kebanyakan teknik sipil saat ini berurusan dengan pembangkit listrik, jembatan, jalan, rel kereta api, bangunan, pasokan air, irigasi, saluran pembuangan, pengendalian banjir, transportasi, telekomunikasi dan lalu lintas. Oleh karena itu, teknik sipil sering disebut sebagai ibu dari dari semua ilmu teknik dan merupakan inti dari dunia infrastruktur. Perkembangan infrastruktur negara merupakan karya dari teknik sipil.

Intinya, teknik sipil dapat dianggap sebagai profesi yang membuat dunia menjadi tempat yang lebih menyenangkan untuk ditempati. Teknik Sipil adalah yang terluas di bidang teknik sebagian karena merupakan yang tertua dari semua bidang teknik. Padahal, teknik dulu hanya dibagi menjadi dua bidang, militer dan sipil.

 

SENI DARI ILMU TEKNIK SIPIL

 

Bukan sebuah fakta yang mengejutkan jika teknik sipil disebut sebagai ibu dari semua cabang teknik karena semua bentuk teknik lainnya, dalam pengerjaannya akan mengarah ke teknik sipil. Selain itu juga jika Anda coba untuk menoleh ke kiri dan ke kanan, Anda pasti menemukan karya atau hasil dari teknik sipil.

Inovasi dan elemen perancangan yang terlibat dalam konstruksi pada dasarnya menjadikannya suatu bentuk seni, karena jujur saja, tidak ada orang yang suka melihat struktur bangunan yang jelek. Oleh karena itu, elemen desain sama pentingnya dengan ilmu di baliknya. Desain biasanya memakan waktu selama berbulan-bulan tergantung besar dan kecilnya proyek yang dilakukan. Sering kali desain dilakukan pengujian dan jika terdapat kekurangan maka harus di desain ulang untuk memenuhi standar keselamatan dan fungsionalitas dan menciptakan sebuah karya yang seni. Oleh karena itu, ilmu teknik sipil tidak hanya membutuhkan jasa sesorang untuk berpikir secara ilmiah, tetapi juga seseorang yang mengerti akan dunia artistik.

 

TEKNIK SIPIL DALAM DUNIA PENDIDIKAN

 

Jika berbicara mengenai ilmu teknik sipil dalam dunia pendidikan, bisa dikatakan bahwa teknik sipil adalah subjek yang menggunakan prinsip-prinsip inti dari pengetahuan ilmiah dan memadukannya dengan aspek artistik. Seiring perkembangan Teknik selama bertahun-tahun, pendidikan teknik juga menjadi lebih terspesialisasi. Saat ini, perguruan tinggi menawarkan banyak aliran atau teknik seperti elektronik, listrik, mekanik, otomotif, aeronautika, telekomunikasi, kimia, bioteknologi, dan lain-lainnya.

Selain itu, prospek masa depan teknik sipil juga sangat terjamin karena jasanya tidak akan pernah luput dari kebutuhan. Mengapa? Karena seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teknik sipil adalah sebuah esensial untuk membantu kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

baca juga ilmu sipil

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya