BEDAH PROYEK : JEMBATAN GOLDEN GATE, CALIFORNIA, AMERIKA

by | Nov 12, 2020 | Bedah Proyek | 0 comments

Archives

Recent Comments

Klik Play untuk mendengarkan rangkuman audio dari artikel berikut

 

Siapa yang tidak kenal jembatan ikonik San Francisco ini? Jembatan Golden Gate adalah jembatan gantung terpanjang kedua di AS dan terpanjang kesembilan di dunia. Ini memiliki bentang jembatan sepanjang 1.280m dan menghubungkan San Francisco dan Marin County. Charles Alton Ellis adalah Kepala Insinyur Utama untuk proyek tersebut. Desainnya dikonsep dan dilakukan oleh Leon Moisseff, desainer Manhattan Bridge di New York. Sedangkan Irving Morrow merancang bentuk menara jembatan, skema pencahayaan, dan elemen art deco.

 Jembatan Golden Gate, California, Amerika

Jembatan Golden Gate, California, Amerika (Sumber Gambar : By Rich Niewiroski Jr, wikimedia.org)

Awalnya dimulai pada tahun 1872, ketika pengusaha kereta api Charles Crocker meminta sebuah jembatan untuk membentang di Selat Golden Gate, bentangan air sepanjang 3 mil (5 kilometer) yang menghubungkan Teluk San Francisco ke Samudra Pasifik. Namun, baru pada awal abad ke-20 proyek tersebut menarik perhatian karena populasi daerah itu bertambah dan kemacetan lalu lintas di dermaga feri menjadi masalah serius.

James H. Wilkins, seorang insinyur struktur dan editor surat kabar untuk San Francisco Call Bulletin, mengontak insinyur kota San Francisco Michael M. O’Shaughnessy dan mulai berbicara tentang apa yang sebenarnya diperlukan untuk mewujudkan kenyataan untuk membangun sebiah jembatan yang menghubungkan kota ke Marin Headlands.

Konstruksi jembatan dimulai pada 5 Januari 1933, diikuti dengan upacara peletakan batu pertama yang diadakan pada tanggal 26 Februari 1933, di dekat Crissy Field.

 

Timeline konstruksi jembatan Golden Gate

 

  • 22 Desember 1932: Memperluas dermaga Fort Baker, pembangunan jalan akses sepanjang 1.700 kaki
  • 5 Januari 1933: Pembangunan secara resmi dimulai.
  • Januari 1933 hingga Mei 1935: Pelabuhan San Francisco
  • Januari 1933 hingga Juni 1933: Dermaga Marin
  • Januari 1933 hingga Juni 1935: Pelabuhan Marin
  • Februari 1933: Pekerjaan dimulai dari arah timur San Francisco yang membentang melalui Presidio ke ujung selatan Jembatan Golden Gate
  • Maret 1933: Baja untuk menara San Francisco dan Marin yang dibuat di pabrik pengecoran baja Betlehem di Pottstown dan Steelton, PA dibawa dengan kereta datar ke Philadelphia dan dipindahkan dan dikirim melalui Terusan Panama ke Alameda, CA di mana ia disimpan sampai Dermaga Marin telah selesai dan siap digunkan untuk pengerjaan menara.
  • Maret 1933 hingga Maret 1934: Jembatan akses menara San Francisco dibangun sepanjang 1.100 kaki lepas pantai. Tepat setelah pembangunan selesai, jembatan tersebut rusak parah untuk pertama kalinya pada 14 Agustus 1933, ketika Sidney M. Hauptman dari Jalur Kapal Uap McCormick menerobos kabut tebal kemudian menabrak jembatan. Setelah perbaikan dilakukan, pada 13 Desember 1933, saat angin kencang dari barat daya menghantam Selat Golden Gate selama dua hari, tiang akses kembali rusak dan kali kerusakan mencapai hingga 800 kaki. Perbaikan jembatan segera dimulai setelah itu dan selesai 8 Maret 1934.
  • 7 November 1933: Pembangunan menara Marin dimulai. Menurut sumber, pembangunan menara selesai pada 28 Juni 1934 atau sekitar November 1934.
  • 24 Oktober 1934: Dinding spatbor San Francisco selesai.
  • Januari 1935 hingga 28 Juni 1935: Pembangunan menara San Francisco
  • 2 Agustus 1935 hingga 27 September 1935: Perusahaan Harbour Tug and Barge memasang kabel kawat pertama untuk menopang titian kaki (alias catwalk) yang dibangun melintasi Selat Golden Gate sebagai persiapan untuk pemintalan kabel utama.
  • Oktober 1935 hingga Mei 1936: Pemintalan dan kompresi kabel utama.
  • 21 Juli 1936: Awal pembangunan jembatan jembatan San Francisco dan konstruksi lengkungan Fort Point.
  • 19 Januari 1937 hingga 19 April 1937: Jalan selesai

 

Fakta menarik jembatan Golden Gate

 

Jembatan ini memiliki panjang 8.981 kaki (1,7 mil) dan terbuat dari sekitar 88.000 ton baja. Berat total jembatan adalah 887.000 ton. Ada dua menara yang menahan dua kabel baja yang menahan jembatan. Juga, ada kira-kira 80.000 mil kawat di dalam masing-masing dari dua kabel baja tersebut. Jembatannya sendiri lebarnya 90 kaki. Ada enam jalur mengemudi dan dua trotoar. Lebar jalur mengemudi adalah 62 kaki antara trotoar dan trotoar masing-masing 10 kaki. Ketinggian jalan sekitar 220 kaki di atas air. Warna jembatannya disebut “GGB International Orange”. Pada tahun 1930-an, Jembatan Golden Gate dilapisi dengan primer yang merupakan timbal. Para arsitek bermaksud cat berbasis timbal untuk melindungi struktur baja dari korosi, namun sudah tidak menggunakannya lagi karena fakta bahwa timbal berbahaya bagi manusia dan lingkungan.Jembatan ini memiliki sistem keamanan canggih dengan detektor pergerakan dan kamera keamanan.

Saat ini, Jembatan Golden Gate berperan sebagai sarana penghubung transportasi penting antara San Francisco dan Marin County dan rentang utama sepanjang 1,7 mil (2,7 kilometer) membawa sekitar 112.000 kendaraan setiap harinya. Tidak hanya jumlah jalur jalan raya yang didedikasikan ke selatan atau utara dapat dimodifikasi sepanjang hari untuk mengakomodasi pola lalu lintas yang berubah-ubah, tetapi pengunjung juga dipersilakan untuk berjalan dan bersepeda di sepanjang landmark.

 

Dokumentasi Tentang Jembatan Golden Gate.

Baca juga bedah proyek

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya