TOKOH INSPIRATIF DALAM DUNIA KONSTRUKSI (2)

by | Nov 9, 2020 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Recent Comments

Klik Play untuk mendengarkan rangkuman audio dari artikel berikut

 

Mengetahui Tokoh Inspiratif Dunia Konstruksi. Dunia Teknik Sipil tidak diragukan lagi telah memberikan banyak kontribusi di seluruh dunia, termasuk negara berkembang seperti Indonesia. Tanpa teknik sipil, bangunan tidak akan ada bangunan, tidak ada jembatan, bahkan tidak ada jalan. Hampir setiap bagian infrastruktur di masyarakat adalah hasil dari dalang teknik sipil. Peranan dunia teknik sipil tidak terlepas dari tokoh- tokoh Inspiratif Dunia Konstruksi yang menginspirasi serta menemukan dan memberikan solusi praktis terhadap masalah dalam bidang konstruksi. Berikut adalah beberapa tokoh yang berpengaruh sepanjang sejarah teknik sipil.

Conference of Engineers at the Menai Straits Preparatory to Floating one of the Tubes of the Britannia Bridge by John Lucas

Conference of Engineers at the Menai Straits Preparatory to Floating one of the Tubes of the Britannia Bridge by John Lucas (Sumber Gambar : wikimedia.org)

 

Olive Dennis

 

Tokoh Inspiratif Dunia Konstruksi ini salah satu wanita pertama yang memperoleh gelar Teknik Sipil dari Cornell University adalah Olive Dennis. Beliau merasa sulit untuk menemukan pekerjaan yang cocok untuknya yang ia minati setelah lulus karena gendernya. Namun ia tidak putus asa, melainkan terus berusaha keras untuk bekerja sesuai dengan passionnya dan akhirnya mulai bekerja untuk Kereta Api Baltimore dan Ohio (B & O).

Olive Dennis lahir pada tanggal 20 November tahun 1885 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Sewaktu masih kecil, dia selalu membangun dan mengutak-atik banyak hal. Ketika dia berusia 10 tahun, ayahnya memberinya seperangkat alat. Dengan alat itu ia membangun model trem untuk adik laki-lakinya, lengkap dengan kursi yang berputar. Hebat, bukan?

 Olive Dennis

Olive Dennis (Sumber Gambar : wikimedia.org)

Menginjak usia remaja, Olive Dennis didaftarkan di sekolah Western High School. Setelah lulus dari sekolah ini, ia melanjutkan ke Perguruan Tinggi Goucher Goucher College di Maryland. Dia memperoleh gelar sarjana dari sekolah ini pada tahun 1908. Dia kemudian mendaftar di Universitas Columbia. Di sini, ia mendapatkan gelar master dalam bidang astronomi dan matematika.

Setelah mendapatkan gelar masternya, dia bekerja selama sekitar satu dekade sebelum kembali untuk melanjutkan pendidikannya. Kali ini dia mendaftar di University of Wisconsin, dan dia kemudian pindah ke Cornell University pada 1920. Di sini, dia lulus dengan gelar sarjana teknik sipil.

Karirnya sempat terhambat karena pada waktu itu sangat sulit bagi seorang wanita untuk mendapat pekerjaan. Sangat jarang ada perempuan yang bekerja dalam bidang teknik. Bahkan ada yang rela berpindah profesi karena hal ini. Untungnya, dia akhirnya menemukan pekerjaan dengan perusahaan Kereta Api Baltimore dan Ohio sebagai wajib militer. Saat bekerja di sini, dia merancang jembatan. Karena setengah dari penumpang kereta api adalah perempuan, muncullah pemikiran bahwa seorang perempuan akan lebih cocok untuk menangani pekerjaan yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan. Dengan demikian Olive Dennis menjadi service engineer kereta api pertama dan diberi tanggung jawab untuk meningkatkan layanan penumpang.

Banyak pekerjaan yang harus Dennis lakukan termasuk membuat naik di kereta lebih nyaman bagi penumpang. Ironisnya, meskipun sulit baginya untuk bekerja sebagai insinyur karena dia adalah seorang wanita, dia mendapatkan promosi sebagian karena dia adalah seorang wanita, dan pemilik kereta api berpikir bahwa dia akan dapat menyelesaikan masalah yang dialami para penumpang wanita di kereta.

Salah satu kontribusi utamanya untuk industri kereta api adalah penemuannya tentang Ventilasi Dennis yang merupakan jenis AC untuk kereta yang akan memungkinkan kereta untuk mendinginkan tanpa membuat penumpang harus membuka jendela dan membiarkan angin masuk. Olive Dennis juga menemukan jenis bahan tahan noda yang dipakai pada kursi di kereta. Dia juga merancang tempat duduk yang nyaman bagi penumpang, mengganti lampu yang aman, hingga mengatur jadwal kereta dan membuatnya mudah dipahami. Peningkatan kenyamanan penumpang di kereta membuat industri transportasi saat itu menjadi lebih kompetitif. Bus dan kereta lain mencoba menyamai pencapaiannya. Karena Dennis, banyak jenis transportasi umum menjadi lebih nyaman.

Selama Perang Dunia ke-2, Olive Dennis juga mulai bekerja untuk Kantor Federal Transportasi Pertahanan untuk Amerika Serikat. Pekerjaan ini ia lakukan hingga masa perang berakhir. Setelah perang, Olive Dennis terus bekerja di jalur kereta api sampai dia pensiun pada tahun 1951. Olive Dennis meninggal pada 5 November 1957 di usianya yang ke 71, di Baltimore, Maryland, AS. Semasa hidupnya dia banyak berbagi cerita tentang kehidupan dan kariernya, mendorong wanita lain untuk mengejar minat mereka sendiri. Dia tidak pernah merasa bahwa gender adalah sebuah penghalang untuk maju dan berkreasi.

 

John Bradfield

 

John Job Crew Bradfield (1867-1943) merupakan tokoh inspiratif dunia Konstruksi, insinyur sipil, lahir pada tanggal 26 Desember 1867 di Sandgate, Queensland. John sering dijuluki “the father of modern Sydney.” Bradfield merupakan anak ke 4 dari pasangan John Edward Bradfield, dan Maria. Orangtuanya, saudara dan saudarinya tiba di Brisbane dari Inggris pada tahun 1857. Bradfield dikenal karena peran utamanya dalam pembangunan Sydney Harbour Bridge dan sistem kereta bawah tanah dan proyek-proyek yang sangat membantu dari segi pertumbuhan kota. Sydney Harbour Bridge adalah salah satu landmark kota yang paling terkenal.

John Bradfield terdaftar di North Ipswich State dan kemudian di Ipswich Grammar School (berlokasi di Ipswich, Queensland). Semua sekolah tempat ia menuntun ilmu adalah hasil beasiswa. Setelah berhasil menyelesaikan studinya dari sekolah-sekolah ini, ia melanjutkan ke Universitas Sydney di mana ia belajar Sarjana Teknik sampai lulus pada 1889.

 John Bradfield

John Bradfield (Sumber Gambar : wikimedia.org)

Pada tahun 1889 ia menyelesaikan gelar sarjana di bidang teknik sipil di St Andrew’s College (sebuah perguruan tinggi perumahan di Universitas Sydney). Dia kemudian bertugas sebagai juru gambar untuk Kereta Api Queensland dan pada tahun 1891 bergabung dengan Departemen Pekerjaan Umum New South Wales. Pada 1895 Bradfield mendirikan Sydney University Engineering Society, yang kemudian ia menjabat sebagai presiden (1902–03 dan 1919–20). Tahun berikutnya dia menyelesaikan gelar master di bidang teknik di Sydney.

Pada tahun 1889, John Bradfield dipekerjakan oleh Departemen Kereta Api Queensland di mana ia bekerja sebagai juru gambar, posisi yang dipegangnya dengan baik sampai tahun 1891. Pada tahun 1891, John menjadi karyawan Departemen Pekerjaan Umum New South Wales, masih dengan posisi yang sama yakni sebagai juru gambar. Dia dipekerjakan secara sementara sampai 1895 di mana dia akhirnya menjadi karyawan tetap.

Bradfield menjabat sebagai insinyur di sejumlah proyek, termasuk proyek untuk Cataract Dam, yang terletak di dekat Sydney, dan Burrinjuck Dam di Sungai Murrumbidgee. Pada tahun 1912 ia mengajukan proposal ke parlemen Australia untuk rencana jembatan gantung yang akan melintasi Sydney Harbour (Port Jackson). Belakangan tahun itu ia juga mengajukan desain untuk jembatan penopang yang kemudian diterima pada tahun 1913. Tahun itu ia diangkat sebagai chief engineer untuk kereta api Sydney.

Bradfield kemudian mulai membuat sebuah proyek yang lebih besar untuk meningkatkan transportasi di Sydney. Pada tahun 1915 ia mengusulkan rencana besar untuk sistem kereta api listrik bawah tanah, meskipun proyek itu sempat tertunda karena Perang Dunia I. Kemudian pada tahun 1922 Sydney Harbour Bridge Act disahkan. Pada tahun 1924 Bradfield meraih gelar doktor sains di bidang teknik dari Sydney. Kemudian pada tahun 1926, stasiun pertama dalam skema besar Bradfield yakni stasiun kereta St. James resmi dibuka. Kemudian disusul tahun 1932 dibuka Sydney Harbour Bridge, sebuah projek dibawah pengwasan Bradfield sejak tahun 1930.

Pada tahun 1933, beliau memutuskan untuk pensiundan bekerja sebagai konsultan dan penasehat. Proyek-proyek besar dalam tahun-tahun terakhirnya termasuk pekerjaan konsultasi engineer (1934–40) untuk Story Bridge di atas Sungai Brisbane, pekerjaan penasehat untuk proyek Jalan Tol Hornibrook dekat Brisbane, dan pekerjaan perencanaan dan perancangan untuk situs St. Lucia di University of St. Queensland.

 

Visvesvaraya

 

Tokoh Inspiratif Dunia Konstruksi lainnya yaitu M Visvesvaraya, atau yang dikenal sebagai Sir MV, adalah seorang insinyur, negarawan, dan seorang sarjana. Sir MV menjabat sebagai Diwan of Mysore selama periode 1912-1918. Pada tahun 1955, ia merasa terhormat dengan Bharat Ratna. Untuk kontribusinya bagi kebaikan publik, ia dianugerahi sebagai Komandan Knight, oleh Raja George V, selama Kerajaan India Britania.

 M. Visvesvaraya

M. Visvesvaraya (Sumber Gambar : wikimedia.org)

Visvesvaraya merupakan Tokoh Inspiratif Dunia Konstruksi yang dilahirkan di keluarga miskin di Muddenahalli, Karnataka pada 15-Sep-1860 dari keluarga Brahmin Telugu di sebuah desa dekat Bangalore, India. Ayahnya adalah seorang sarjana Sansekerta terkemuka pada zamannya. Orang tuanya adalah orang yang sangat sederhana tetapi berprinsip. Meskipun keluarganya tidak kaya, orang tuanya ingin putra mereka mendapatkan pendidikan yang baik. Ayahnya meninggal ketika dia baru berusia 15 tahun dan keluarganya jatuh miskin. Untuk melanjutkan pendidikannya, Visvesvaraya mulai memberikan uang sekolah kepada anak-anak kecil dan mencari nafkah dengan cara ini.

Sir MV pergi ke Bangalore untuk memperoleh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Setelah lulus, ia kemudian menjadi salah satu insinyur & negarawan terhebat yang pernah ada di India. Kontribusinya tidak hanya dalam proyek-proyek infrastruktur rekayasa (seperti bendungan & jembatan) tetapi ia juga telah berperan dalam mendirikan beberapa industri & sektor termasuk besi & baja, sabun, sutra, gula, perbankan & aeronautika.

Visvesvaraya kemudian bergabung dengan Central College di Bangalore dan memperoleh gelar Bachelor of Arts (BA) pada tahun 1881. Selanjutnya berkat bantuan pemerintah, beliau dapat melanjutkan sekolahnya Dia pergi di College of Engineering yang bergengsi di Pune.

Setelah lulus pada 1884, ia menemukan pekerjaan di Departemen Pekerjaan Umum (PWD) Mumbai dan bergabung sebagai Asisten Engineer dan bertugas di Nasik, Khandesh dan Pune. Beliau kemudian bergabung dengan Komisi Irigasi India dan membantu menerapkan sistem irigasi yang kompleks di daerah Deccan. Beliau juga diminta untuk merancang metode penyediaan air dari sungai Sindhu ke kota kecil bernama Sukkur.

Karyanya menjadi sangat populer sehingga Pemerintah India mengirimnya ke Aden untuk mempelajari sistem pasokan air dan drainase pada tahun 1906-1907. Ia lalu merancang proyek berdasarkan studinya yang diimplementasikan di Aden. Visvesvaraya juga membantu proyek di Hyderabad yang berada dalam ancaman banjir pada tahun1900-an.

Pada tahun 1909, beliau diangkat sebagai Kepala Insinyur Negara Bagian Mysore dan sebagai Diwan di Mysore pada tahun 1912. Posisi ini yang dipegangnya selama tujuh tahun. Sebagai Diwan, ia memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan negara secara keseluruhan. Ia juga membantu mendirikan Perguruan Tinggi Teknik Pemerintah di Bangalore pada tahun 1917 yang kemudian diganti namanya menjadi Perguruan Tinggi Teknik Visvesvaraya untuk menghormatinya.

Kemudian pada tahun 1924, ia menjabat sebagai chief engineer untuk pembangunan Danau Krishna Raja Sagara dan bendungan di seberang sungai Kaveri di distrik Mandya dekat Mysore di Karnataka.

Visvesvaraya adalah orang yang teguh pada prinsip dan norma-norma yang berlaku. Ia juga adalah orang yang sangat jujur yang memberikan yang terbaik untuk negaranya. Insinyur hebat yang berasal dari India ini menjalani kehidupan yang panjang dan produktif dan meninggal pada 14 April 1962 pada usia 102 tahun.

 

baca juga ilmu sipil

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya