5 Langkah Memanfaatkan Teknologi Transportasi Modern untuk Mengoptimalkan Sistem Transportasi Kota

by | Jan 3, 2023 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Recent Comments

ABSTRAK

Artikel ini membahas bagaimana teknologi transportasi modern dapat membantu meningkatkan efisiensi sistem transportasi dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Ada 5 langkah yang dapat diambil untuk memanfaatkan teknologi transportasi modern, seperti menggunakan aplikasi pemesanan transportasi seperti Uber atau Grab, menerapkan sistem transportasi berkendara sendiri, menggunakan teknologi pembayaran terintegrasi, memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola sistem transportasi dan menerapkan sistem transportasi berbahan bakar terbarukan. Contoh kota yang berhasil memanfaatkan teknologi transportasi modern untuk meningkatkan sistem transportasi mereka juga akan dibahas.

  • Kata Kunci: Indonesia, negara kepulauan, pantai, abrasi, erosi, polusi, ilmu teknik pantai, cabang ilmu teknik sipil, pengelolaan daerah pantai, pantai daratan, pantai laut, gelombang air, refraksi, difraksi, refleksi, gelombang pecah, gelombang alam, permasalahan daerah pantai, efektif.
  • Kategori: Ilmu Sipil

 

”Teknologi Transportasi Modern

Intelligent Transport Systems-a meta-system view (Sumber Gambar : European Telecommunications Standards Institute, 2010)

 

Pendahuluan

Kota-kota di seluruh dunia terus berkembang dan mengalami pertumbuhan yang pesat. Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kota adalah sistem transportasi yang tidak efisien, yang dapat menyebabkan kemacetan lalu lintas dan menurunkan kualitas hidup masyarakat. Teknologi transportasi modern dapat menjadi solusi untuk meningkatkan efisiensi sistem transportasi di kota.

Teknologi transportasi modern tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi sistem transportasi, tetapi juga dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Menurut Forbes, teknologi transportasi modern seperti self-driving vehicles dan aplikasi pemesanan transportasi seperti Uber atau Grab telah mengubah cara kita berpindah dari satu tempat ke tempat lain (https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2018/07/16/the-future-of-transportation-5-ways-technology-is-transforming-how-we-get-around/?sh=7c9522f74d9b). Selain itu, VentureBeat menyebutkan bahwa kota-kota cerdas (smart cities) telah berhasil menggunakan teknologi untuk meningkatkan transportasi di kota mereka (https://venturebeat.com/2019/06/18/5-ways-smart-cities-are-using-technology-to-improve-transportation/).

 

Tujuan

Tujuan artikel ini adalah memberikan langkah-langkah yang dapat diambil untuk memanfaatkan teknologi transportasi modern untuk mengoptimalkan sistem transportasi di kota. Kami akan membahas bagaimana teknologi transportasi modern dapat meningkatkan efisiensi sistem transportasi di kota serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Selain itu, kami juga akan memberikan contoh-contoh kota yang telah berhasil memanfaatkan teknologi transportasi modern untuk meningkatkan sistem transportasi mereka.

Untuk mencapai tujuan tersebut, kami akan membahas 5 langkah yang dapat diambil untuk memanfaatkan teknologi transportasi modern untuk mengoptimalkan sistem transportasi di kota. Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Memanfaatkan aplikasi pemesanan transportasi seperti Uber atau Grab
  2. Menerapkan sistem transportasi berkendara sendiri (self-driving transportation)
  3. Menggunakan teknologi pembayaran yang terintegrasi dengan sistem transportasi
  4. Memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola sistem transportasi secara lebih efisien
  5. Menerapkan sistem transportasi berbahan bakar terbarukan

Dengan demikian, marilah kita mulai membahas langkah-langkah yang dapat diambil untuk memanfaatkan teknologi transportasi modern untuk mengoptimalkan sistem transportasi di kota.

 

Langkah 1: Memanfaatkan aplikasi pemesanan transportasi seperti Uber atau Grab

Aplikasi pemesanan transportasi seperti Uber atau Grab telah menjadi salah satu teknologi transportasi modern yang paling populer di kota-kota besar di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memesan transportasi dengan mudah melalui smartphone mereka, sehingga mengurangi kebutuhan untuk mencari taksi atau mengeluarkan uang tunai.

Selain mudah digunakan, aplikasi pemesanan transportasi juga dapat meningkatkan efisiensi sistem transportasi di kota. Menurut Entrepreneur, aplikasi pemesanan transportasi dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan keamanan karena sistem pembayarannya yang terintegrasi (https://www.entrepreneur.com/article/339047). Selain itu, aplikasi ini juga dapat meningkatkan pendapatan sopir karena sistem pembayarannya yang lebih transparan.

Contoh kota yang telah berhasil memanfaatkan aplikasi pemesanan transportasi adalah Jakarta, Indonesia. Aplikasi pemesanan transportasi seperti Grab telah menjadi salah satu pilihan transportasi yang paling populer di Jakarta, Indonesia. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan taksi tradisional.

Aplikasi pemesanan transportasi seperti Grab telah menjadi salah satu pilihan transportasi yang paling populer di Jakarta, Indonesia. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan taksi tradisional.

 

Langkah 2: Menerapkan sistem transportasi berkendara sendiri (self-driving transportation)

Self-driving transportation merupakan salah satu teknologi transportasi modern yang sedang tumbuh pesat saat ini. Menurut Forbes, self-driving transportation dapat meningkatkan efisiensi sistem transportasi di kota dengan mengurangi kebutuhan untuk sopir (https://www.forbes.com/sites/forbestechcouncil/2018/07/16/the-future-of-transportation-5-ways-technology-is-transforming-how-we-get-around/?sh=7c9522f74d9b). Selain itu, self-driving transportation juga dapat meningkatkan keamanan di jalan raya karena kendaraan tersebut dapat mendeteksi dan menghindari bahaya dengan lebih baik dibandingkan dengan manusia.

Contoh kota yang telah berhasil menerapkan self-driving transportation adalah Las Vegas, Amerika Serikat. Di kota ini, self-driving shuttle telah beroperasi sejak tahun 2017 dan telah menjadi salah satu pilihan transportasi yang populer di kota tersebut.

 

Langkah 3: Menggunakan teknologi pembayaran yang terintegrasi dengan sistem transportasi

Menggunakan teknologi pembayaran yang terintegrasi dengan sistem transportasi adalah langkah lain yang dapat diambil untuk memanfaatkan teknologi transportasi modern. Teknologi pembayaran seperti kartu prabayar atau aplikasi pembayaran mobile dapat memudahkan pengguna untuk membayar transportasi dan mengurangi kebutuhan untuk mengeluarkan uang tunai.

Selain memudahkan pengguna, teknologi pembayaran yang terintegrasi juga dapat meningkatkan efisiensi sistem transportasi di kota. Menurut IT Governance, teknologi pembayaran terintegrasi dapat meningkatkan kecepatan proses pembayaran dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan pembayaran (https://www.itgovernance.co.uk/blog/the-role-of-technology-in-transportation-improving-efficiency-safety-and-sustainability).

Contoh kota yang telah berhasil menggunakan teknologi pembayaran terintegrasi adalah London, Inggris. Di kota ini, pengguna dapat menggunakan kartu Oyster atau aplikasi mobile untuk membayar transportasi di bus, kereta, atau metro.

 

Langkah 4: Memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola sistem transportasi secara lebih efisien

Memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola sistem transportasi adalah langkah lain yang dapat diambil untuk memanfaatkan teknologi transportasi modern. Teknologi informasi seperti sistem informasi rute atau sistem monitoring kendaraan dapat membantu mengelola sistem transportasi secara lebih efisien. Dengan sistem informasi rute, pengguna dapat dengan mudah mengetahui rute terbaik untuk sampai ke tujuan mereka. Selain itu, sistem monitoring kendaraan dapat membantu mengetahui kondisi kendaraan dan memprediksi kebutuhan perbaikan sehingga dapat mengurangi downtime kendaraan.

Contoh kota yang telah berhasil memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola sistem transportasi secara lebih efisien adalah New York, Amerika Serikat. Di kota ini, sistem informasi rute yang disediakan oleh Metropolitan Transportation Authority (MTA) telah membantu pengguna untuk dengan mudah mengetahui rute terbaik untuk sampai ke tujuan mereka. Selain itu, MTA juga menggunakan sistem monitoring kendaraan untuk memantau kondisi kendaraan dan memprediksi kebutuhan perbaikan.

 

Langkah 5: Menerapkan sistem transportasi berbahan bakar terbarukan

Menerapkan sistem transportasi berbahan bakar terbarukan adalah langkah terakhir yang dapat diambil untuk memanfaatkan teknologi transportasi modern. Sistem transportasi seperti bus atau mobil listrik dapat mengurangi emisi karbon dan menjadi pilihan transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Selain mengurangi emisi karbon, sistem transportasi berbahan bakar terbarukan juga dapat meningkatkan kualitas udara di kota. Menurut The Guardian, sistem transportasi berbahan bakar terbarukan dapat membantu mengurangi polusi udara yang merupakan salah satu penyebab utama masalah kesehatan di kota-kota besar (https://www.theguardian.com/sustainable-business/smart-transportation-technology-revolutionising-transportation-systems).

Contoh kota yang telah berhasil menerapkan sistem transportasi berbahan bakar terbarukan adalah Amsterdam, Belanda. Di kota ini, sebagian besar bus yang beroperasi adalah bus listrik dan sebagian besar mobil yang digunakan adalah mobil hybrid atau mobil listrik.

 

Kesimpulan

Teknologi transportasi modern dapat meningkatkan efisiensi sistem transportasi di kota dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna. Untuk memanfaatkan teknologi transportasi modern, kota dapat mengambil langkah-langkah seperti memanfaatkan aplikasi pemesanan transportasi, menerapkan sistem transportasi berkendara sendiri, menggunakan teknologi pembayaran yang terintegrasi dengan sistem transportasi, memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola sistem transportasi secara lebih efisien, dan menerapkan sistem transportasi berbahan bakar terbarukan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, kota dapat meningkatkan efisiensi sistem transportasi, mengurangi emisi karbon, dan meningkatkan kualitas udara di kota. Selain itu, teknologi transportasi modern juga dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna dengan memudahkan pemesanan transportasi dan pembayaran.

 

Daftar Pustaka:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya