Apa Saja Peluang Pekerjaan Untuk Mahasiswa Teknik Sipil

by | Aug 4, 2021 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Cari Berdasarkan Kategori

Recent Comments

Klik Play untuk mendengarkan rangkuman audio dari artikel berikut

[player id=’9706′]

Abstrak 

Artikel ini membahas tentang bidang teknik sipil dan peluang karir setelah lulus dari jurusan tersebut. Teknik sipil memfokuskan pada pembangunan infrastruktur dan tampilan umum kota. Insinyur sipil dapat bekerja di berbagai sektor, seperti konstruksi, bisnis, manajemen, dan keuangan. Dalam bidang teknik sipil, beberapa karir yang populer antara lain manajer konstruksi, insinyur geoteknik, dan insinyur lingkungan. Pengalaman kerja sangat penting untuk sukses dalam bidang ini.

  • Kata Kunci: Teknik sipil, peluang karir, lulus jurusan, pembangunan infrastruktur, tampilan kota, insinyur sipil, sektor konstruksi, manajemen, keuangan, manajer konstruksi, insinyur geoteknik, insinyur lingkungan, pengalaman kerja, sukses.
  • Kategori: Ilmu Sipil

 

Teknik Sipil berfokus pada infrastruktur dan tampilan umum kota atau tasta kota. Insinyur sipil berbeda dengan arsitek, karena arsitek lebih mengarah ke seni, sedangkan teknik sipil lebih fokus pada elemen praktis dan struktural. Gelar teknik sipil mempersiapkan Anda untuk bekerja di industri konstruksi serta di sektor bisnis, manajemen, dan keuangan. Lalu, jika lulus nanti apa saja peluang yang tersedia untuk Anda? Dan mempelajari gelar Sarjana Teknik Sipil dapat menjamin karir masa depan Anda? Nah, mari kita bahas beberapa karir yang bisa Anda capai setelah Anda lulus dari fakultas teknik sipil.

”Teknik Sipil Karir

Ilustrasi Pekerjaan Teknik Sipil (Sumber Gambar : Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels)

PENGALAMAN KERJA

Sebelum kita membahas mengenai karir apa saja yang bisa Anda capai dalam dunia teknik sipil, pertama-tama kita akan membahas dasarnya terlebih dahulu, yakni pengalaman kerja. Jika Anda ingin bekerja dalam dunia teknik sipil, pastikan Anda memiliki pengalaman kerja yang relevan selama studi Anda, karena pengalaman sangat penting dan itu akan memberi Anda wawasan tentang praktik kerja sebuah perusahaan teknik. Disarnkan Anda mengikuti cari magang di tempat industri yang relevan. Setiap jenis peran dalam konstruksi atau pengaturan teknik sipil akan membantu Anda untuk lebih memahami masalah yang berkaitan dengan perencanaan dan pelaksanaan proyek. Gunakan pengalaman ini untuk memperluas pengetahuan Anda dan untuk mengembangkan relasi.

PENYEDIA LAPANGAN KERJA TEKNIK SIPIL

Sebagai seorang insinyur sipil yang berkualifikasi, Anda dapat menemukan pekerjaan di berbagai sektor, terutama di sektor konstruksi, pada bangunan dan segala jenis struktur besar, infrastruktur transportasi dan komunikasi. Anda juga dapat bekerja dalam bidang yang terlibat dalam produksi, penyimpanan, dan distribusi listrik, gas, dan air.

Ada juga peluang untuk dalam organisasi nasional dan multinasional, terutama di sektor publik. Otoritas lokal, departemen pemerintah dan organisasi lingkungan, misalnya, mempekerjakan insinyur sipil untuk mengatur spesifikasi proyek dan menyusun dokumen tender.

KARIR DI DUNIA TEKNIK SIPIL

Gelar yang Anda peroleh dari teknik sipil pastinya akan membawa Anda untuk bekerja di bidang terkait. Beberapa karir paling populer yang menunggu Anda setelah Anda lulus adalah:

  1. Manajer konstruksi
    Manajer konstruksi adalah bos dari lokasi kerja. Untuk menjadi seorang manajer konstruksi, Anda diharuskan memiliki pengetahuan tentang hal-hal paling dasar, seperti cuaca, biaya, manajemen tim dan waktu. Manajer harus menjadi mata dan telinga orang yang mempekerjakan mereka, dan harus memastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar.
  2. Insinyur geoteknik
    Tugas ahli geoteknik adalah memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan alam dan tahu bagaimana mengelola pembuangan limbah, pengendalian banjir, kapan dan di mana membangun bendungan atau jembatan, dan sebagainya.
  3. Insinyur lingkungan
    ”Apa

    Ilustrasi Insinyur Lingkungan (Sumber Gambar : Photo by Mount Polley from Pexels)

    Jika superhero adalah seseorang yang bekerja dalam teknik sipil, seorang insinyur lingkungan adalah pilihan yang tepat. Tugas mereka adalah menjaga planet ini dan memungkinkan kita untuk tetap tinggal di dalamnya. Mereka bertugas untuk memulihkan alam yang dirusak oleh manusia, memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan alam, dan apa saja yang harus dilakukan di masa depan untuk meminimalisir kerusakan planet kita

  4. Insinyur Kesehatan Masyarakat
    ”Apa

    Ilustrasi Insinyur Kesehatan Masyarakat (Sumber Gambar : Photo by This Is Engineering from Pexels)

    Seperti namanya, tugas seorang insinyur Kesehatan masyarakat adalah memastikan Kesehatan masyarakat dengan cara seperti mengontrol pasokan air bersih dan sistem pembuangan limbah, merawat orang-orang di kota dan desa, memastikan air bersih dan bebas penyakit.

  5. Insinyur transportasi
    Apakah menurut Anda transportasi umum terjadi begitu saja? Semua kereta bawah tanah, trem, jalan raya, jalan raya, dan semacamnya tidak muncul begitu saja. Insinyur transportasi adalah ‘dalang’ dari keajaiban ini. Semua yang berhubungan dengan transportasi adalah tugas seorang insinyur transportasi.
  6. Insinyur perencanaan kota
    Anda familiar dengan permainan lego? Mirip dengan lego, menjadi seorang insinyur perencanaan kota berarti Anda adalah orang yang bekerja dan memutuskan di mana akan meletakkan bangunan, di mana jalan seharusnya, bagaimana melingkari taman berpagar, bagaimana tidak meletakkan sekolah di sebelah penjara , dan seterusnya. Menarik sekali, ya!
  7. Insinyur desain
    Jika Anda suka desain, dan adalah mahasiswa teknik sipil, pilihan karir ini cocok untuk Anda. Disini Anda akan bertanggung jawab untuk mengembangkan skema, blueprint, dan prototipe untuk pembuatan produk, peralatan, dan struktur. Ciri utama insinyur desain adala memiliki h pengetahuan luas tentang aplikasi desain di komputer yang mendukung berbagai fase desain proyek serta pengujian prototipe. Anda dituntut untuk selalu update terhadap program perangkat lunak terbaru terkait pekerjaan Anda.

Kesimpulannya, dunia seputar teknik sipil itu luas. Pastinya ruang lingkup pekerjaannya juga luas. Bekerja sebagai seorang insinyur membantu membentuk masyarakat modern dengan merancang, merencanakan, dan mengelola pembangunan infrastruktur yang kompleks seperti jembatan, jalan raya, dan pembangunan komersial. Dalam waktu dekat, peran insinyur sipil akan lebih dari sekadar penerapan keterampilan teknis dan prinsip-prinsip keteknikan untuk mengembangkan infrastruktur baru. Sekian gambaran karir apa saja yang bisa Anda capai sebagai mahasiswa lulusan teknik sipil. Menyenangkan bukan? Nah, mana yang akan jadi pilihanmu nanti?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya