Teknik dan Trik Autocad yang Digunakan oleh Para Profesional

by | Jan 4, 2023 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Cari Berdasarkan Kategori

Recent Comments

ABSTRAK

Autocad adalah software desain yang banyak digunakan para profesional, tetapi tidak semua orang tahu cara efektif menggunakannya. Artikel ini membahas teknik dan trik Autocad yang digunakan oleh para profesional. Fitur “Polar Tracking” mempermudah pembuatan objek berputar-putar, fitur “Object Snap” mempermudah pembuatan objek dengan ukuran dan posisi yang tepat, fitur “Dynamic Input” mempermudah penginputan data, dan fitur “Layer” mempermudah pengelolaan objek. Dengan memahami teknik dan trik ini, pengguna Autocad dapat menggunakan software ini dengan lebih efektif.

  • Kata Kunci: Autocad, software desain, profesional, teknik, trik, Polar Tracking, Object Snap, Dynamic Input, Layer, efektif, pembuatan objek, ukuran, posisi, penginputan data, pengelolaan objek.
  • Kategori: Ilmu Sipil

 

Pendahuluan

Pemilihan topik mengenai teknik dan trik Autocad yang digunakan oleh para profesional merupakan salah satu hal yang penting dalam bidang desain. Autocad merupakan salah satu software yang banyak digunakan oleh para desainer untuk membuat gambar teknik, baik itu gambar arsitektur, mekanikal, maupun elektrikal. Namun, tidak semua orang mengetahui cara yang efektif dalam menggunakan Autocad. Oleh karena itu, penulisan artikel ini bertujuan untuk menyajikan informasi mengenai teknik dan trik Autocad yang digunakan oleh para profesional sehingga dapat membantu para pemula atau pengguna Autocad lainnya dalam memahami dan menggunakan software tersebut secara lebih efektif.

 

Teknik dan Trik Autocad yang Digunakan oleh Para Profesional

Menggunakan fitur “Polar Tracking” untuk mempermudah pembuatan objek berputar-putar

Fitur “Polar Tracking” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat objek dengan mudah berdasarkan arah yang telah ditentukan. Caranya, cukup aktifkan fitur ini dengan mengklik tombol “Polar Tracking” pada toolbar atau dengan menekan tombol “F10” pada keyboard. Kemudian, pindahkan cursor ke arah yang diinginkan, dan objek yang Anda buat akan otomatis terbuat sesuai dengan arah tersebut. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda sering membuat objek berputar-putar seperti lingkaran atau kerucut.

 

Menggunakan fitur “Object Snap” untuk mempermudah pembuatan objek dengan ukuran dan posisi yang tepat

Fitur “Object Snap” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat objek dengan tepat sesuai dengan ukuran dan posisi yang diinginkan. Caranya, cukup aktifkan fitur ini dengan mengklik tombol “Object Snap” pada toolbar atau dengan menekan tombol “F3” pada keyboard. Kemudian, pindahkan cursor ke titik yang diinginkan, dan objek yang Anda buat akan otomatis terbuat sesuai dengan titik tersebut. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda sering bekerja dengan toleransi yang ketat atau jika Anda perlu membuat objek dengan posisi yang tepat di atas objek lain.

 

Menggunakan fitur “Dynamic Input” untuk mempermudah penginputan data

Fitur “Dynamic Input” pada Autocad memungkinkan Anda untuk memasukkan data secara langsung ke dalam objek yang sedang dibuat. Caranya, cukup aktifkan fitur ini dengan mengklik tombol “Dynamic Input” pada toolbar atau dengan menekan tombol “F12” pada keyboard. Kemudian, ketika Anda membuat objek, kotak input akan muncul di sebelah cursor, di mana Anda dapat langsung memasukkan data yang diinginkan. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda sering memasukkan data yang banyak atau jika Anda perlu memasukkan data dengan cepat.

 

Menggunakan fitur “Layer” untuk mempermudah pengelolaan objek

Fitur “Layer” pada Autocad memungkinkan Anda untuk mengelola objek dengan lebih mudah dengan cara mengelompokkan objek ke dalam lapisan-lapisan yang berbeda. Caranya, cukup buka jendela “Layer Properties” dengan mengklik tombol “Layer Properties” pada toolbar atau dengan menekan tombol “CTRL + L” pada keyboard. Kemudian, buat lapisan-lapisan baru dengan memberi nama dan pengaturan warna sesuai kebutuhan. Setelah itu, pindahkan objek-objek ke lapisan-lapisan yang telah dibuat. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda memiliki banyak objek yang perlu dikelola secara terpisah, seperti objek arsitektur, mekanikal, dan elektrikal.

 

Menggunakan fitur “Block” untuk mempermudah pembuatan objek yang sering digunakan

Fitur “Block” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat objek yang sering digunakan secara cepat dan mudah. Caranya, cukup buat objek yang diinginkan, kemudian klik kanan pada objek tersebut dan pilih “Block -> Create Block”. Kemudian, beri nama dan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan. Setelah itu, objek tersebut akan tersimpan di dalam “DesignCenter” sebagai blok yang dapat digunakan kembali di project lainnya. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda sering membuat objek yang sama atau jika Anda bekerja dengan tim yang membutuhkan objek yang sama.

 

Menggunakan fitur “Table” untuk mempermudah pembuatan tabel dan pengelolaan data

Fitur “Table” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat tabel dan mengelola data dengan lebih mudah. Caranya, cukup pilih “Table” pada toolbar atau tekan tombol “CTRL + T” pada keyboard, kemudian tentukan ukuran dan pengaturan tabel yang diinginkan. Setelah itu, masukkan data ke dalam tabel tersebut dengan menggunakan “Cell” yang tersedia. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda sering bekerja dengan data yang banyak atau jika Anda perlu membuat laporan dengan tabel.

 

Menggunakan fitur “Text” untuk mempermudah pembuatan teks dengan gaya yang beragam

Fitur “Text” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat teks dengan beragam gaya sesuai kebutuhan. Caranya, cukup pilih Fitur “Text” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat teks dengan beragam gaya sesuai kebutuhan. Caranya, cukup pilih “Text” pada toolbar atau tekan tombol “CTRL + SHIFT + T” pada keyboard, kemudian tentukan ukuran, font, dan pengaturan teks yang diinginkan. Setelah itu, masukkan teks ke dalam objek yang diinginkan dengan menggunakan “Text Editor” yang tersedia. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda sering bekerja dengan teks yang banyak atau jika Anda perlu membuat teks dengan gaya yang beragam.

 

Menggunakan fitur “Dimension” untuk mempermudah pembuatan dimensi objek

Fitur “Dimension” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat dimensi objek dengan mudah sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Caranya, cukup pilih “Dimension” pada toolbar atau tekan tombol “D” pada keyboard, kemudian tentukan ukuran dan pengaturan dimensi yang diinginkan. Setelah itu, pilih objek yang ingin diukur, dan dimensi akan otomatis terbuat sesuai dengan ukuran objek tersebut. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda sering bekerja dengan toleransi yang ketat atau jika Anda perlu membuat dimensi dengan tepat sesuai dengan ukuran asli.

 

Menggunakan fitur “Hatch” untuk mempermudah pembuatan warna latar objek

Fitur “Hatch” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat warna latar objek dengan beragam gaya sesuai kebutuhan. Caranya, cukup pilih “Hatch” pada toolbar atau tekan tombol “H” pada keyboard, kemudian tentukan warna dan pengaturan hatch yang diinginkan. Setelah itu, pilih objek yang ingin diberi warna latar, dan warna latar akan otomatis terbuat sesuai dengan pengaturan yang telah ditentukan. Fitur ini sangat bermanfaat terutama jika Anda sering bekerja dengan warna latar yang beragam atau jika Anda perlu membedakan objek dengan warna latar yang berbeda.

 

Penutup

Autocad memiliki banyak fitur memudahkan pekerjaan desainer. Fitur yang sering digunakan, seperti Polar Tracking, Object Snap, Dynamic Input, Layer, Block, Table, Text, Dimension, dan Hatch. Memahami dan menggunakan fitur secara tepat dapat meningkatkan produktivitas dan menghemat waktu.

Untuk pengembangan lebih lanjut, ada beberapa saran yang dapat diberikan, yaitu:

  • Selalu update software Autocad ke versi terbaru agar dapat menggunakan fitur-fitur terbaru yang tersedia
  • Pelajari fitur-fitur lain yang tersedia di software Autocad agar dapat menggunakan software tersebut secara lebih luas lagi
  • Ikuti workshop atau kursus Autocad agar dapat memperdalam pengetahuan mengenai software tersebut
  • Baca tutorial atau buku mengenai Autocad agar dapat memahami cara penggunaan yang lebih detail

Dengan demikian, semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami teknik dan trik Autocad yang digunakan oleh para profesional, serta menjadi referensi yang bermanfaat dalam menggunakan software tersebut secara lebih efektif.

 

Daftar Pustaka:

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya