SOFTWARE PROGRAM BANTU TEKNIK SIPIL & ARSITEK (1)

by | Feb 19, 2020 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Cari Berdasarkan Kategori

Recent Comments

Klik Play untuk mendengarkan rangkuman audio dari artikel berikut

[player id=’9578′]

 

Sejak tahun 90-an, teknologi komputer telah mengalami perkembangan yang pesat dalam hal kemajuan penyimpanan data yang berkapasitas tinggi, pemrosesan suara, gambar dam jaringan teknologi komunikasi. Zaman sekarang, penggunaan aplikasi komputer dalam bentuk software sangat banyak digunakan. Aplikasi komputer telah membawa perubahan paradigma dalam setiap profesi termasuk Teknik Sipil. Peranan komputer dalam ilmu disiplin Teknik sangat meningkat. Hal ini disebabkan karena meningkatnya ukuran dan kompleksitas informasi dan manajemennya dan digunakan oleh semua kalangan khususnya Teknik Sipil. Oleh karena itu, komputer sering disebut-sebut sebagai ‘kawat kehidupan’ dari setiap teknik desain terutama dalam analisis struktural dan data. Sebagai seorang yang berkecimpung dalam dunia Teknik Sipil, anda dituntut untuk menguasai software-software tertentu.

software

Ilustrasi pengguna software (sumber gambar : Startup Stock Photosfrom Pexels)

 

Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan software dalam pekerjaan sering memberikan manfaat seperti mempermudah, efektif dan ekonomis. Saat ini terdapat banyak software teknik sipil dan arsitek yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan. Karena revolusi teknologi, jumlah perangkat khusus untuk memenuhi kebutuhan Teknik Sipil meningkat jadi berlipat ganda. Software teknik sipil dan arsitek yang dimaksud mengklaim mampu mensupport banyak aktifitas seperti desain dan perancangan, visualisasi bangunan, penilaian desain, manajemen proyek, penyimpanan dan pengambilan informasi, estimasi biaya, analisis structural, manajemen on-site, manajemen fasilitas dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa software spesifik yang biasa digunakan dalam Teknik Sipil beserta tujuannya masing-masing. Ssoftware teknik sipil dan arsitek yang dimaksud adalah, Autocad, SAP 2009, SketchUp dan 3D Max.

 

autocad

(sumber gambar : https://www.autodesk.com/products/autocad/overview)

AutoCAD

Auto Computer-aided design atau AutoCAD adalah sebuah program komputer yang seperti namanya berfungsi untuk memungkinkan perancang untuk membuat, memodifikasi, menganalisis merancang, atau mengoptimasi sebuah rancangan atau desain. Program ini merupakan program yang dapat digunakan di bidang kerja seperti salah satunya adalah Teknik Sipil. Dengan menggunakan AutoCAD, anda dapat menggambar rancangan anda sekali dan menyalinnya ratusan, atau bahkan ribuan kali. AutoCAD adalah sebuah aplikasi desain yang dapat mengubah desain anda dengan mudah. Anda bisa mendesain atau merancang model gambar atau bangunan dalam bentuk 2D atau 3D. Anda bisa membagikan hasil rancangan anda secara instan seperti bahkan sampai ke seluruh dunia dengan bantuan jaringan computer. Berikut adalah keuntungan CAD:

1. Meningkatkan produktifitas
2. Konten gambar dapat digunakan secara continuous atau terus menerus
3. Teks dan dimensi dapat dibuat dan di update secara otomatis
4. Gambar bisa dishare secara lokal dan global dengan bantuan jaringan internet
5. Visualisasi dan analisis 3D

AutoCAD merupakan sebuah program yang ramai digeunakan. Namun untuk menggunakan AutoCAD, anda harus paham betul tentang cara kerja program ini dan pastikan komputer atau perangkat yang anda gunakan dapat bekerja dengan baik sehingga tidak timbul masalah sebelum, selama, dan sesudah anda menggunakan program ini.

 

sap2000

(sumber gambar : https://i.ytimg.com/vi/Y9enduZxhnk/maxresdefault.jpg)

SAP 2000

SAP adalah sebuah program SAP (Structure Analysis Program) yang diciptakan untuk analisis structural dan desain. SAP2000 adalah seri SAP yang sering digunakan karena fiturnya yang sangat canggih menggunakan metode interface (antarmuka) dan serbaguna didukung oleh mesin analisis yang tak tertandingi dan merupakan alat desain yang cocok digunakan oleh mereka yang bekerja dalam bidang transportasi, industri, pekerjaan umum, olahraga, dan fasilitas lainnya.

Dengan menggunakan program ini, para teknisi tidak perlu repot untuk menganalisis secara manual karena membutuhkan waktu yang lama karena program ini dapat mempercepat hasil analisis perhitungan model bangunan dalam bentuk real time. Output yang dihasilkan adalah model struktur, grafik, dan spreadsheet. Fitur antarmuka dalam program ini memungkinkan anda untuk membuat model structural dengan cepat. Anda dapat mengandalkan SAP2000 untuk membantu anda dalam tugas analisis dan desain. Dari analisis 2D yang sederhana hingga 3D yang kompleks, SAP2000 adalah solusi termudah dan paling produktif untuk analisis struktural dan kebutuhan desain anda.

 

SketchUp

(sumber gambar : https://sketchup.com/sites/blog.sketchup.com/files/article_images/SU2018Sections%20(1).png)

SketchUp

SketchUp adalah program komputer pemodelan 3D untuk berbagai aplikasi menggambar seperti arsitektur, arsitektur landscape, desain interior, Teknik Sipil dan mekanik, desain film dan video game. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh dalam dunia Teknik Sipil adalah program desain yang tidak murah. SketchUp merupajan program visualisasi 3D yang sangat lengkap dan bisa anda dapatkan di situs secara gratis (versi gratis). Hal lain yang menjadi keuntungan program ini adalah dalam proses desain anda bisa membuat Salinan, medesain dengan mudah, colouring sesuai dengan keinginan anda. Program ini emiliki kinerja rendering yang super cepat bahkan untuk desain yang kompleks sekalipun. Singkatnya, program ini bisa sangat membantu bagi anda praktisi Teknik Sipil yang masih berstatus pelajar dengan budget yang rendah.

 

3D Max

(sumber gambar : https://www.okino.com/images/3dsmax_mark_room_1200.jpg)

3D Max

Autodesk 3ds Max Design, yang sebelumnya dikenal dengan 3D Studio dan 3D Stgudio Max, adalah sebuah program grafis komputer 3D profesional untuk membuat animasi, model, permainan, dan gambar 3D yang memungkinkan anda untuk membuat dan menyesuaikan geometri 3D dengan membuat model yang kompleks dari objek 3D sederhana. Program ini memiliki banyak fitur yang dapat menangani hampir semua jenis proyek dan menghasilkan gambar yang sangat realistis atau sangat bergaya. Jadi tidak heran program ini banyak digunakan mulai dari video games hingga dunia film. Mengapa program ini dibutuhkan dalam industri Teknik Sipil?

1. Kemampuan visualisasinya sangat mudah digunakan
2. Menghubungkan File Otomatis dengan AutoCAD Civil 3D
3. Materi Tertentu Teknik Sipil
4. Proses rendering yang fleksibel
5. Cocok untuk industri Teknik Sipil yang mencari pemodelan 3D yang luas, dan animasi yang berkualitas tinggi
6. Sering digunakan sebagai program pilihan dalam visualisasi

Dalam dunia ada banyak software teknik sipil dan arsitek yang menjadi rekomendasi untuk digunakan. Mengetahui secara tepat proyek anda dan program yang akan digunakan dalam proyek adalah hal yang sangat penting karena kedua hal diatas sangat berkesinambungan dan berkaitan dengan keterampilan dan pengalaman seseorang dengan software yang menjadi pilihan anda, Selain itu budget yang anda miliki juga akan menjadi bahan pilihan karena tidak semua software bisa diperoleh secara gratis seperti SketchUp. Pada akhirnya, carilah software yang benar-benar memiliki program yang sesuai dengan kebutuhan teknik anda.

Baca juga ilmu sipil

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya