Mau Berinvestasi Bisnis Rumah Kost? Yuk Pelajari Cara Studi Kelayakannya

by | Feb 4, 2023 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Recent Comments

ABSTRAK

Bisnis kost adalah alternatif berinvestasi yang menarik karena permintaan tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau terus meningkat. Sebelum memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti pasar yang potensial, lokasi yang tepat, dan analisis keuangan. Bisnis kost memiliki keuntungan seperti potensi pasar yang besar, keuntungan yang stabil, dan biaya operasional yang rendah. Namun, juga memiliki tantangan seperti persaingan yang ketat, peraturan dan regulasi yang berlaku, dan kemampuan mengelola bisnis dengan efisien. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, bisnis kost dapat berjalan dengan sukses.

  • Kata Kunci: Bisnis kost, investasi, permintaan tempat tinggal, pasar potensial, lokasi tepat, analisis keuangan, keuntungan, potensi pasar, keuntungan stabil, biaya operasional rendah, persaingan ketat, peraturan, regulasi, kemampuan pengelolaan efisien.
  • Kategori: Ilmu Sipil

 

Pendahuluan

Bisnis kost merupakan alternatif yang menarik bagi mereka yang ingin berinvestasi. Bisnis ini sangat menjanjikan karena permintaan akan tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau terus meningkat. Namun, sebelum memulai bisnis kost, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Bisnis Kost Sukses

Contoh desain bangunan kost (Sumber Gambar : ladfanidkonsultindo.com)

  1. Kenapa bisnis kost dapat menjadi alternatif berinvestasi?

Menurut “How to Start a Hostel Business” oleh Entrepreneur.com, bisnis kost dapat menjadi alternatif berinvestasi karena permintaan akan tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau terus meningkat. Selain itu, bisnis kost juga menawarkan keuntungan yang stabil dan menjanjikan.

 

  1. Apa saja yang harus diperhatikan ketika memulai bisnis rumah kost?

Sebelum memulai bisnis kost, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menurut “Feasibility Study for a Hostel Business” oleh Smallbusiness.chron.com, faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain pasar yang potensial, lokasi yang tepat, dan analisis keuangan. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis kost dapat berjalan dengan sukses.

 

Keuntungan dan Tantangan dalam Memulai Bisnis Kost

Memulai bisnis kost memiliki keuntungan dan tantangan yang harus dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Keuntungan bisnis rumah kost

Menurut “The Benefits and Challenges of Starting a Hostel Business” oleh Bplans.com, bisnis kost memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Potensi pasar yang besar
  • Keuntungan yang stabil
  • Biaya operasional yang relatif rendah
  • Kemudahan dalam memperoleh konsumen baru

 

  1. Tantangan bisnis rumah kost

Sebagai bisnis, memulai rumah kost juga memiliki tantangan. Beberapa di antaranya, menurut “The Benefits and Challenges of Starting a Hostel Business” oleh Bplans.com, adalah:

  • Persaingan yang ketat
  • Pemasaran dan pemasaran yang tepat
  • Peraturan dan regulasi yang berlaku
  • Kemampuan mengelola bisnis dengan efisien

Dengan memperhatikan keuntungan dan tantangan ini, Anda dapat membuat keputusan yang tepat dan memastikan bahwa bisnis kost berjalan dengan sukses.

 

Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai bisnis kost. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

  1. Pasar yang potensial

Menurut “Feasibility Study for a Hostel Business” oleh Smallbusiness.chron.com, pasar yang potensial sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis kost dapat berjalan dengan sukses. Hal ini berkaitan dengan permintaan akan tempat tinggal yang nyaman dan terjangkau. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih memiliki pasar yang potensial.

 

  1. Lokasi yang tepat

Lokasi sangat penting dalam bisnis kost. Menurut “How to Start a Hostel Business” oleh Entrepreneur.com, lokasi yang tepat mempengaruhi sukses tidaknya bisnis kost. Pastikan bahwa lokasi yang dipilih dekat dengan fasilitas umum seperti toko, restoran, dan tempat rekreasi.

 

  1. Analisis keuangan

Analisis keuangan sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis kost dapat berjalan dengan baik. Menurut “How to Conduct a Feasibility Study for Your Startup” oleh Inc.com, analisis keuangan meliputi perencanaan pendapatan, pengeluaran, dan proyeksi keuangan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa bisnis kost dapat berjalan dengan stabil.

 

Variabel yang Digunakan Dalam Studi Kelayakan

Studi kelayakan merupakan bagian penting dari memulai bisnis kost. Dalam studi kelayakan, terdapat beberapa variabel yang digunakan untuk memastikan bahwa bisnis kost dapat berjalan dengan sukses.

  1. Net Present Value (NPV)

Net Present Value adalah suatu ukuran nilai suatu proyek investasi setelah dikurangi dengan biaya modal yang digunakan. Dalam studi kelayakan, NPV digunakan untuk menentukan apakah suatu proyek investasi menguntungkan atau tidak. Jika NPV bernilai positif, maka proyek tersebut dapat dikatakan layak dan menguntungkan. Sebaliknya, jika NPV bernilai negatif, maka proyek tersebut tidak layak dan tidak menguntungkan. NPV mengukur nilai sebenarnya dari suatu proyek investasi dengan memperhitungkan nilai uang yang berkurang akibat inflasi dan bunga.

 

  1. Break Event Point (BEP)

Break Even Point adalah titik dimana penerimaan dari suatu proyek investasi sama dengan biaya yang dikeluarkan. Dalam studi kelayakan, BEP digunakan untuk menentukan jumlah minimum produksi atau penjualan yang harus dicapai agar proyek tersebut tidak mengalami kerugian. BEP juga berguna untuk menentukan tingkat produksi atau penjualan yang harus dicapai agar proyek tersebut menghasilkan keuntungan.

 

  1. Internal Rate of Return (IRR)

Internal Rate of Return adalah suatu ukuran tingkat bunga yang membuat nilai net present value (NPV) dari suatu investasi sama dengan nol. Dalam studi kelayakan, IRR digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian yang diharapkan dari suatu proyek investasi. Jika IRR lebih besar dari tingkat bunga yang dapat diperoleh dari alternatif investasi yang sebanding, maka proyek tersebut dapat dikatakan layak dan menguntungkan.

 

Tahapan Perhitungan Studi Kelayakan Bisnis Rumah Kost

Penentuan bentuk dan biaya pembangunan rumah kost

Tahap awal pembangunan melibatkan definisi bentuk dan estimasi biaya. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan meliputi jumlah kamar, bahan baku yang akan digunakan, serta tingkat keunikan desain.

Pastikan untuk menentukan target pasar untuk dicapai. Fasilitas dan biaya yang harus disiapkan dalam pembangunan rumah kost akan semakin tinggi jika harga penyewaan yang diharapkan juga semakin tinggi.

 

Perhitungan biaya perizinan, kompensasi lingkungan

Dalam melakukan studi kelayakan, setiap faktor yang memiliki pengaruh signifikan harus diperhitungkan. Sebagai contoh biaya perizinan yang mungkin berbeda di setiap daerahnya dan biaya kompensasi lingkungan harus disiapkan jika pembangunan memicu kerusakan lingkungan, seperti kerusakan jalan akibat kendaraan bawa material.

 

Perhitungan biaya operasional dan pemeliharaan

Sebaiknya membuat rencana untuk biaya operasional dan perawatan rumah kost. Meliputi biaya perbaikan ringan, perawatan peralatan seperti pompa dan tandon, serta biaya rutin seperti pembayaran pajak.

 

Penentuan harga sewa per kamar dan Occupancy rate

Untuk menentukan harga sewa per kamar kost, pertimbangkan faktor seperti lokasi, fasilitas, ukuran kamar, dan tingkat persaingan di area tersebut. Cari informasi tentang harga sewa kost lain yang serupa dan berikan harga sewa yang kompetitif. Begitu juga dengan target occupancy rate, Anda harus menentukan dengan cara misal mensurvey kost-kostan di sekitar lokasi proyek Anda.

 

Penentuan tingkat suku bunga pengembalian minimum dan masa investasi

Tingkat suku bunga pengembalian minimum adalah tingkat bunga yang diharapkan oleh investor sebagai imbalan atas investasi yang mereka lakukan. Ini biasanya ditentukan berdasarkan faktor seperti inflasi, tingkat risiko, dan tingkat bunga pasar.

Untuk menentukan tingkat suku bunga pengembalian minimum, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Inflasi: Inflasi adalah kenaikan harga-harga secara umum dalam perekonomian. Investor harus memperhitungkan inflasi dalam menentukan tingkat suku bunga yang diharapkan, karena mereka ingin memastikan bahwa imbalan investasi mereka cukup untuk membayar harga-harga yang lebih tinggi.
  • Tingkat risiko: Semakin tinggi tingkat risiko suatu investasi, semakin tinggi pula tingkat bunga yang diharapkan. Oleh karena itu, investor harus mempertimbangkan tingkat risiko dalam menentukan tingkat suku bunga pengembalian minimum.
  • Tingkat bunga pasar: Tingkat bunga pasar adalah tingkat bunga yang diterima oleh investor pada jenis investasi yang sama. Investor harus mempertimbangkan tingkat bunga pasar dalam menentukan tingkat suku bunga pengembalian minimum.

 

Sedangkan dalam menentukan masa investasi dapat dilakukan dengan memperkirakan dalam periode tertentu.

 

Penentuan nilai tarif pajak (dalam kasus ini berdasarkan PP No. 55 Tahun 2022)

Ketika membuat sebuah bisnis dan terdapat keuntungan ada baiknya membayar pajak karena pajak adalah sumber pendapatan bagi pemerintah yang digunakan untuk membiayai berbagai layanan publik dan proyek pembangunan, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lainnya.

Pada kasus ini perhitungan nilai tarif pajak akan berdasakran pada PP no. 55 Tahun 2022 dengan nilai sebagai berikut:

  kategori 1:     Income ≤ Rp 60 Juta   PPh = 5   %
  kategori 2:     Rp 60 juta < In ≤ Rp 250 juta 15   %
  kategori 3:     Rp 250 juta < In ≤ Rp 500 juta 25   %
  kategori 4:     Rp 500 juta < In ≤ Rp 5 M 30   %
  kategori 5:     Income > Rp 5 M 35   %

 

Pehitungan nilai NPV, BEP, dan IRR

Setelah memiliki semua data yang diperlukan maka tahap akhir adalah menghitung nilai NPV, BEP, dan IRR untuk menentukan layak tidaknya investasi yang akan kita lakukan.

 

Contoh Perhitungan Studi Kelayakan Bisnis Rumah Kost

 

Referensi:

  1. “How to Start a Hostel Business” oleh Entrepreneur.com
  2. “Feasibility Study for a Hostel Business” oleh Smallbusiness.chron.com
  3. “The Benefits and Challenges of Starting a Hostel Business” oleh Bplans.com
  4. “How to Conduct a Feasibility Study for Your Startup” oleh Inc.com
  5. “Starting a Hostel: The Ultimate Guide” oleh HostelManagement.com.

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya