BAGAIMANA CARA MENGIKUTI TENDER PROYEK?

by | Mar 8, 2021 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Cari Berdasarkan Kategori

Recent Comments

Klik Play untuk mendengarkan rangkuman audio dari artikel berikut

[player id=’9659′]

 

Tendering adalah proses untuk mendapatkan penawaran yang sah dari calon penawar dan mengevaluasi & memilih penawar yang berhasil untuk memberikan kontrak. Singkatnya Anda mencari mitra kerja dalam proyek. Proses tender melibatkan penyelenggara dan penyedia, atau yang sering dikenal dengan kata vendor.

”Tender

Tender Proyek Konstruksi (Sumber Gambar : Photo by fauxels from Pexels )

Proses tender dirancang untuk memastikan bahwa pekerjaan yang akan dilakukan untuk klien / pemerintah diberikan dengan cara yang adil. Ada banyak jenis tender yang melayani berbagai aspek. Tidak hanya pemerintah, investor atau klien swasta juga banyak yang senang menggunakan tender mengingat banyaknya keuntungan yang didapat.

TIPE TENDER KONSTRUKSI

Tipe-tipe dari dari proses tender dibagi menjadi 4 yakni open tender, selective tender, serial tendering, dan negotiated tender.

Open tender

Open tender dilakukan dengan cara mengiklankan kontrak dan memberi pemberitahuan kepada siapa pun yang ingin mengajukan tender. Beberapa penyedia dapat mengajukan tender meskipun mereka dianggap tidak sesuai dengan kontrak. Biasanya jika sudah sampai tahap ini, dibutuhkan banyak tenaga dan waktu.

Open tender biasanya memberikan kesempatan yang sama kepada organisasi manapun untuk mengajukan tender. Beberapa klien mungkin meminta kuesioner prakualifikasi, atau wawancara pra-tender. Tujuannya adalah untuk memastikan hanya mereka yang sesuai yang dapat mengajukan tender. Hal ini bisa sangat membantu mengurangi waktu dan tenaga yang terbuang percuma dalam proses tender.

Keuntungan open tender

  • Tidak pilih-pilih,
  • Ada peluang untuk pendatang baru,
  • Ada peluang untuk kontraktor yang cakap.

Kerugian open tender

  • Proses tender menguras biaya yang tinggi karena jumlah penawar yang tinggi,
  • Sangat menyita waktu karena banyak yang memberikan penawaran.

Selective tender

Seperti namanya, selective tender hanya terbuka untuk sejumlah penyedia tertentu. Penyedia bisa saja diperoleh dari open tender atau mereka yang telah menjalin kerjasama sebelumnya. Jenis tender ini merupakan kebalikan dari kelemahan utama dari open tender, yakni lebih selektif yakni hanya menerima mereka yang sesuai dengan persyaratan. Tipe tender ini terbagi lagi menjadi dua, yakni single stage tendering dan two stage tendering.

Serial tendering

Dalam jenis tender ini, serangkaian negosiasi dan penghargaan berlangsung sesuai dengan jadwal proyek. Jenis tender ini digunakan untuk proyek-proyek alam besar & kompleks yang melibatkan banyak tahapan konstruksi.

Negotiated tender

Dalam metode tender ini, pemberi kerja secara langsung mengundang satu atau dua kontraktor pilihannya untuk menawarkan penawaran kepada mereka, dan negasi akan dilakukan berdasarkan penawaran tersebut. Metode paling sering digunakan untuk pekerjaan khusus, pekerjaan perbaikan, atau proyek perluasan.

Keuntungan Negosiasi

  • Klien memiliki peluang bagus untuk mendapatkan harga nyaman yang bagus,
  • Ada penghematan waktu karena tidak membutuhkan proses tender yang panjang.

Kerugian Negosiasi

  • Tidak cocok untuk semua jenis klien, terutama untuk sektor public,
  • Batasan untuk pendatang baru,
  • Favoritisme sangat terhibur,
  • Kontraktor memiliki peluang signifikan untuk memanipulasi harga pasar.

TAHAPAN TENDER

  1. Undangan mengikuti tender. Jika Anda mendapat undangan untuk mengikuti tender, berarti Anda sudah bisa mengikuti tender,
  2. Penjelasan tender tentang proyek, persyaratan apa yang dibutuhkan serta teknisnya,
  3. Pengajuan proposal,
  4. Presentasi proposal,
  5. Hasil presentasi diumumkan,
  6. Pelelangan. Tahap ini adalah tahap terakhir. Pada tahap ini perusahaan sudah mendapatkan mitra tender.

TIPS UNTUK MEMENANGKAN TENDER

    1. Pendaftaran

Ikuti instruksi dalam dokumen tender. Langkah ini akan membantu Anda mendapatkan informasi terkini tentang sesi informasi tender apa pun.

    1. Hadiri sesi informasi tender

 

Jika Anda mendaftar melalui situs web tender, pantau situs web tersebut untuk update tentang tender. Hadiri setiap sesi informasi tender yang ditawarkan. Ini adalah kesempatan berharga untuk mengajukan pertanyaan dan melakukan kontak dengan agensi. Mereka juga dapat memberi Anda kesempatan untuk bertemu dengan calon subkontraktor. Instansi pemerintah juga biasanya tidak berkewajiban untuk menyediakan salinan informasi, presentasi, dll., Yang mungkin diberikan pada sesi informasi

    1. Kembangkan strategi respons tender Anda

 

Jika Anda menawar untuk tender bernilai tinggi, rencanakan tender Anda dengan cermat dan pertimbangkan persyaratan dan sumber daya yang terlibat. Misalnya, tanyakan pada diri Anda:

      • Berapa biaya untuk mempersiapkan tender?
      • Informasi apa yang perlu dikumpulkan?
      • Sumber daya apa yang diperlukan untuk memenuhi kontrak?
      • Siapa yang akan mengelola proyek tender?
      • Siapa sajakah pesaing-pesaing yang akan dihadapi dan seberapa peluang untuk menang?
      • Rencana pemasaran produk dan layanan dan mempromosikan bisnis kita?
    1. Tinjau kontrak yang baru saja diberikan

 

Jika persyaratan atau apapun dalam permintaan tender ada yang tidak jelas, hubungi koordinator tender untuk meminta klarifikasi. Cari tahu tentang pembeli Anda. Apa yang dicari mereka? Apa yang dapat Anda lakukan untuk memenuhi harapan mereka?

    1. Tulis tawaran yang menarik

 

Siapkan proposal tender Anda. Pastikan Anda menggunakan formulir tanggapan yang disediakan dan menjawab semua pertanyaan.

    1. Pahami persyaratan pembayaran

 

Pastikan Anda mengetahui jadwal pembayaran yang ditentukan. Jika Anda memerlukan pembayaran yang berbeda dengan yang ditentukan, Anda harus berikan perincian dalam penawaran Anda

    1. Periksa dan ajukan tawaran Anda

 

Pastikan Anda memeriksa proposal Anda dengan cermat sebelum mengirimkannya. Pastikan juga tawaran Anda memenuhi semua persyaratan

Sekian penjelasan singkat mengenai prosedur mengikuti tender konstruksi. Semoga penjelasan dan tips diatas dapat membantu Anda dalam mengikuti tender proyek konstruksi.

 

baca juga ilmu sipil

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya