Menguasai Autocad dalam Waktu Singkat: Panduan Pemula

by | Jan 4, 2023 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Cari Berdasarkan Kategori

Recent Comments

Abstrak 

Artikel ini membahas tentang software Autocad yang populer digunakan dalam bidang desain seperti arsitektur, mekanikal, elektrikal, dan industri lainnya. Software ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1982 dan saat ini sudah tersedia dalam beberapa versi dengan fitur-fitur baru. Keuntungan menggunakan Autocad antara lain populernya software ini sehingga mudah ditemukan sumber belajar, banyak fitur yang berguna untuk desain yang detail, serta tersedia banyak add-on atau plug-in. Artikel ini juga akan memberikan panduan bagi pemula untuk menguasai Autocad dalam waktu singkat, membahas kelebihan Autocad dibanding software lain, dan memberikan tips dan trik menggunakan software ini.

  • Kata Kunci: Autocad, software desain, arsitektur, mekanikal, elektrikal, versi, fitur baru, sumber belajar, detail desain, add-on, panduan pemula, kelebihan, tips dan trik.
  • Kategori: Ilmu Sipil

 

Pendahuluan

Software Autocad merupakan salah satu software yang sangat populer digunakan dalam bidang desain, baik untuk desain arsitektur, mekanikal, elektrikal, maupun industri lainnya. Selain itu, software ini juga sering digunakan oleh para profesional dalam menyelesaikan proyek-proyek desain yang membutuhkan tingkat detail yang tinggi. Namun, bagi pemula yang baru mengenal Autocad, memahami cara menggunakan software tersebut mungkin terasa sulit. Oleh karena itu, pemilihan topik “Menguasai Autocad dalam Waktu Singkat: Panduan Pemula” dianggap penting untuk dibahas.

”Autocad untuk Desain

Interface dari program autocad untuk mendesain furniture dapur (Sumber Gambar : microvellum.com)

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memberikan panduan bagi pemula yang ingin memahami cara menggunakan software Autocad dengan efektif dalam waktu yang singkat. Artikel ini juga akan membahas kelebihan Autocad dibanding software desain lainnya, serta aplikasi Autocad dalam bidang-bidang tertentu. Selain itu, artikel ini juga akan memberikan tips dan trik menggunakan Autocad yang berguna bagi pemula.

 

Apa itu Autocad?

Autocad (Automatic Computer Aided Design) merupakan software yang digunakan untuk membuat desain 2D dan 3D. Software ini dikembangkan oleh Autodesk, Inc. pada tahun 1982 dan telah menjadi salah satu software desain yang paling populer di dunia. Autocad memiliki banyak fitur yang berguna untuk membantu para desainer dalam menyelesaikan proyek-proyek desain yang membutuhkan tingkat detail yang tinggi.

Software Autocad pertama kali dikembangkan oleh Autodesk, Inc. pada tahun 1982. Saat itu, software ini hanya bisa dijalankan pada sistem operasi DOS (Disk Operating System). Selanjutnya, Autocad telah mengalami banyak perkembangan, mulai dari versi Autocad for Windows pada tahun 1992, hingga versi Autocad yang kini bisa dijalankan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux.

Saat ini, terdapat beberapa versi Autocad yang tersedia dimana setiap versi Autocad memiliki fitur-fitur yang berbeda, dan biasanya akan menambahkan fitur-fitur baru pada setiap versi yang dirilis. Namun, secara umum, fitur-fitur dasar Autocad seperti menggambar objek 2D dan 3D, menggunakan layer, menambahkan teks dan dimensi, serta mengekspor hasil desain ke berbagai format file, biasanya akan selalu tersedia pada setiap versi Autocad yang dirilis.

 

Keuntungan menggunakan Autocad

Autocad merupakan software yang banyak digunakan oleh para desainer karena memiliki banyak kelebihan dibanding software desain lainnya. Beberapa kelebihan Autocad yang dapat dicatat adalah:

  1. Autocad merupakan software yang paling populer di dunia, sehingga banyak sekali dokumentasi dan sumber belajar yang tersedia untuk membantu pengguna dalam memahami cara menggunakan software ini.
  2. Autocad memiliki banyak fitur yang dapat membantu para desainer dalam menyelesaikan proyek-proyek desain yang membutuhkan tingkat detail yang tinggi, seperti fitur untuk menggambar objek 2D dan 3D, menggunakan layer, menambahkan teks dan dimensi, serta mengekspor hasil desain ke berbagai format file.
  3. Autocad juga memiliki banyak add-on atau plug-in yang dapat membantu pengguna dalam menambahkan fitur-fitur tambahan yang diinginkan.
  4. Autocad dapat dijalankan pada berbagai sistem operasi, seperti Windows, MacOS, dan Linux, sehingga pengguna tidak terbatas pada sistem operasi tertentu saat menggunakan software ini.

Autocad merupakan software yang banyak digunakan dalam berbagai bidang, seperti arsitektur, teknik sipil, teknik mesin, dan industri manufaktur. Namun, software ini juga banyak digunakan dalam bidang-bidang lain seperti pertambangan, pertanian, dan desain grafis.

 

Contoh aplikasi Autocad dalam bidang-bidang tertentu

Beberapa contoh aplikasi Autocad dalam bidang-bidang tertentu adalah:

  1. Arsitektur: Autocad banyak digunakan oleh para arsitek dalam merancang bangunan, denah rumah, dan desain interior.
  2. Teknik sipil: Autocad banyak digunakan oleh para insinyur sipil dalam merancang jalan, jembatan, dan infrastruktur lainnya.
  3. Teknik mesin: Autocad banyak digunakan oleh para insinyur mesin dalam merancang mesin-mesin industri, serta menggambar gambar teknik.
  4. Industri manufaktur: Autocad banyak digunakan oleh para desainer industri dalam merancang produk-produk manufaktur, seperti mobil, pesawat terbang, dan alat-alat elektronik.
  5. Pertambangan: Autocad banyak digunakan oleh para insinyur pertambangan dalam merancang tambang, serta menggambar gambar teknik yang diperlukan dalam proses penambangan.
  6. Pertanian: Autocad banyak digunakan oleh para insinyur pertanian dalam merancang sistem irigasi, serta menggambar gambar teknik yang diperlukan dalam proses pertanian.
  7. Desain grafis: Autocad juga banyak digunakan oleh para desainer grafis dalam merancang desain-desain yang diperlukan dalam bidang ini, seperti logo, brosur, dan poster.
  8. Keuntungan menggunakan Autocad dalam bidang-bidang tersebut adalah pengguna dapat dengan mudah menggambar objek 2D atau 3D sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan, serta dapat dengan mudah mengekspor hasil desain ke berbagai format file yang dibutuhkan.

 

Cara menggunakan Autocad untuk pemula

  1. Panduan instalasi Autocad: Untuk menginstal Autocad, pertama-tama pastikan komputer Anda memenuhi sistem persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian, ikuti petunjuk instalasi yang terdapat dalam dokumen yang disertakan atau di website resmi Autocad. Setelah instalasi selesai, jalankan Autocad untuk membuka program.
  2. Interface dan toolbar Autocad: Setelah membuka Autocad, Anda akan melihat interface utama yang terdiri dari beberapa bagian, seperti toolbar, menu, dan area kerja. Toolbar merupakan bagian yang berisi ikon-ikon yang dapat digunakan untuk mengakses fitur-fitur Autocad. Anda dapat mengubah tampilan toolbar sesuai kebutuhan dengan mengklik ikon “Customize” pada toolbar.
  3. Membuat objek sederhana dengan Autocad: Setelah memahami interface dan toolbar Autocad, selanjutnya Anda dapat memulai belajar cara membuat objek sederhana dengan Autocad. Misalnya, Anda dapat membuat sebuah kotak dengan menggunakan ikon “Box” pada toolbar. Kemudian, ikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar untuk menentukan ukuran kotak dan posisinya pada area kerja.
  4. Menyimpan dan mengekspor hasil desain dengan Autocad: Setelah selesai membuat objek dengan Autocad, selanjutnya Anda dapat menyimpan hasil desain tersebut dengan mengklik ikon “Save” pada toolbar. Anda juga dapat mengekspor hasil desain ke berbagai format file yang dibutuhkan, seperti PDF, JPG, atau PNG, dengan cara memilih “Export” dari menu “File”, lalu memilih format file yang diinginkan. Pastikan untuk memberikan nama file yang sesuai dan memilih lokasi penyimpanan yang tepat sebelum mengekspor. Selain itu, Anda juga dapat mengekspor hanya bagian tertentu dari desain dengan memilih “Export Selected” dari menu “File”. Ini berguna jika Anda hanya ingin mengekspor bagian tertentu dari desain Anda tanpa harus mengekspor seluruh desain.

 

Tips dan trik menggunakan Autocad

Menggunakan fitur “Layer” pada Autocad memungkinkan Anda untuk mengelola objek dengan lebih mudah dengan cara mengelompokkan objek-objek yang memiliki karakteristik yang sama ke dalam lapisan yang sama. Misalnya, Anda dapat membuat lapisan untuk objek bangunan, lapisan untuk objek landscape, dan lapisan untuk objek furniture. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah membuat perubahan pada objek-objek yang terdapat dalam lapisan tersebut tanpa harus memengaruhi objek-objek di lapisan lainnya.

Fitur “Text” pada Autocad memungkinkan Anda untuk membuat teks dengan beragam gaya sesuai kebutuhan. Caranya, cukup pilih objek teks yang ingin Anda buat, kemudian ketikkan teks yang diinginkan pada kotak yang muncul. Anda juga dapat mengubah font, ukuran, dan warna teks sesuai dengan kebutuhan.

Fitur “Dimension” pada Autocad memungkinkan Anda untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi objek dengan mudah. Caranya, pilih objek yang ingin diukur, kemudian pilih menu “Dimension” pada toolbar. Setelah itu, Anda dapat menggunakan shortcut “M” untuk memanggil fitur “Move” yang memungkinkan Anda untuk memindahkan objek ke lokasi yang diinginkan. Anda juga dapat menggunakan shortcut “C” untuk memanggil fitur “Copy” yang memungkinkan Anda untuk menyalin objek ke lokasi yang diinginkan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan shortcut “R” untuk memanggil fitur “Rotate” yang memungkinkan Anda untuk memutar objek sesuai dengan sudut yang diinginkan. Menggunakan shortcut-shortcut ini akan mempercepat proses desain Anda dengan Autocad.

 

Kesimpulan

Menggunakan Autocad dapat membantu para profesional dalam menyelesaikan proyek desain dengan cepat dan efisien. Software ini memiliki banyak fitur yang dapat membantu dalam proses desain, seperti pembuatan objek 3D, penambahan dimensi, dan lainnya. Dengan memahami cara menggunakan Autocad secara efektif, Anda dapat mempercepat proses desain dan menghasilkan hasil yang lebih profesional. Selain itu, mengetahui shortcut-shortcut yang tersedia dapat membantu Anda menyelesaikan proyek dengan lebih cepat.

Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan untuk terus mempelajari fitur-fitur baru yang tersedia di Autocad dan mencoba mengaplikasikannya dalam proyek-proyek desain Anda. Selain itu, mencoba menggunakan software desain lain yang tersedia di pasaran dapat memberikan ide-ide baru dan memberikan solusi yang lebih baik dalam proses desain.

 

Daftar Pustaka

  • Omura, G. (2018). Mastering AutoCAD: Tips, Tricks, and Techniques for Improved Productivity. McGraw-Hill Education.
  • Tickoo, S. (2017). Autocad: A Problem-Solving Approach. Cengage Learning.
  • Shih, R. H. (2020). Learning AutoCAD 2021. O’Reilly.
  • Fane, B. (2018). Autocad for Dummies. John Wiley & Sons, Inc.
  • Farhar, D. (2017). Autocad: The Missing Manual. O’Reilly.
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya