Apa itu struktur baja dan apa saja kekurangan serta kelebihannya?

by | Jul 10, 2021 | Ilmu Sipil | 0 comments

Archives

Cari Berdasarkan Kategori

Recent Comments

Klik Play untuk mendengarkan rangkuman audio dari artikel berikut

[player id=’9678′]

 

Jika Anda sedang mencari jenis bangunan yang paling hemat biaya, maka Anda perlu mempertimbangkan potensi penghematan jangka panjang dengan memanfaatkan struktur baja. Struktur baja merupakan salah satu bahan material yang digunakan untuk berbagai jenis konstruksi baja, yang dibentuk dengan bentuk tertentu. Struktur baja adalah suatu struktur logam yang terbuat dari komponen struckural baja yang saling berhubungan untuk mengangkat beban. Karena kualitas kekuatan baja yang tinggi, struktur ini dapat diandalkan dan tidak membutuhkan banyak bahan baku dibandingkan jenis struktur lain seperti struktur beton dan struktur kayu.

”Apa

Struktur Baja (Sumber Gambar : Photo by Min An from Pexels)

Dalam konstruksi modern dapat digunakan untuk hampir semua jenis struktur termasuk bangunan industri berat, gedung bertingkat tinggi, sistem pendukung peralatan, infrastruktur, jembatan, menara, terminal bandara, pabrik industri berat, rak pipa, dan lain sebagainya.

Jenis struktural utama struktur baja:

  • Struktur rangka: Balok dan kolom
  • Struktur jaringan: struktur atau kubah berkisi
  • Struktur pratekan
  • Struktur rangka: Anggota batang atau rangka
  • Struktur lengkung
  • Jembatan lengkung
  • Jembatan balok
  • Jembatan kabel
  • Jembatan gantung
  • Jembatan rangka: anggota rangka

Sifat baja

Baja adalah paduan besi dan karbon. Material-material khusus dapat ditambahkan pada besi dengan menambahkan sedikit mangan, sulfur, tembaga, fosfor, krom dan nikel, sehingga baja dapat diproduksi. Secara umum, pengaruh berbagai unsur kimia pada baja adalah sebagai berikut:

  • Jika kandungan sulfur dan fosfor meningkat melebihi persentase maka akan menyebabkan kerapuhan dan dapat mempengaruhi kemampuan mengelas
  • Kandungan krom dan nikel akan menginduksi sifat ketahanan korosi pada baja, dan jugam meningkatkan ketahanan terhadap suhu tinggi.
  • Ketahanan terhadap korosi dapat ditingkatkan dengan penambahan tembaga.

Perubahan pada komposisi kimia akan memberikan hasil yang berbeda pada berbagai jenis baja.

5 alasan mengapa struktur baja adalah pilihan yang tepat

 

  • Menghemat biaya

 

 

Jika berbicara dari segi biaya, struktur baja menempati peringkat pertama yang sering direkomendasikan dalam Sebagian besar proyek dalam hal material dan desain. Memanfaatkan struktur baja tidak butuh biaya yang mahal. Selain itu dengan menggunakannya, pastinya hanya tidak membutuhkan banyak perawatan dibandingkan dengan metode bangunan tradisional lainnya.

 

    1. Kreatifitas
”Apa

Salah satu ide desain dari baja (Sumber Gambar : Photo by Jericho Phoenix from Pexels)

Baja sendiri merupakan material yang indah secara natural dan hal ini merupakan nilai positif untuk sebagian besar arsitek. Dengan menggunakan baja, para arsitek bisa lebih leluasa mengeluarkan ide-ide desain mereka dan bereksperimen lebih jauh. Selain itu warna, tekstur, dan bentuknya juga memicu kreatifitas para arsitek. Kombinasi kekuatan, daya tahan, keindahan, presisi, dan kelenturannya memberi arsitek parameter yang lebih luas untuk mengeksplorasi ide-ide baru.

 

 

  • Kontrol dan manajemen

 

 

Struktur baja dibuat di pabrik dan dengan cepat dipasang di lokasi konstruksi oleh orang yang sudah terampil memasangnya. Hal ini bisa lebih bagus karena lebih menjamin proses konstruksi yang aman. Selain itu zaman sekarang, fungsi bangunan dapat berubah sewaktu-waktu. Bangunan yang disewa mungkin bisa diubah, contohnya ditambah lantainya, dindingnya mungkin perlu diubah posisinya untuk membuat tata letak interior baru berdasarkan kebutuhan dan penggunaan ruang yang berbeda. Dengan menggunakan struktur baja, semua keinginan tersebut bisa dicapai.

 

 

  • Tahan lama

 

 

Siapa yang tidak tahu sifat baja yang satu ini? Baja dipilih karena dapat bertahan dalam kondisi ekstrim atau kondisi cuaca yang tidak menentu, seperti angin kencang, gempa bumi, angin topan dan salju lebat. Baja juga tahan karat dan tidak seperti struktur kayu, baja tidak akan dihinggapi oleh rayap, serangga, lumut, jamur bahkan jamur

 

 

  • Dapat digunakan Kembali

 

 

Fakta menarik lain dari baja adalah dapat di daur ulang. Ketika bangunan berbasis struktur baja dihancurkan, baja tersebut dapat digunakan kembali atau dimasukan ke dalam sistem daur ulang loop tertutup oleh industri baja untuk dilebur dan digunakan kembali. Baja menghemat penggunaan sumber daya alam karena sekitar 30% baja baru yang mungkin Anda gunakan saat ini berasal dari dari hasil daur ulang

 

 

  • Tahan gempa

 

 

Gempa bumi tidak dapat diprediksi besaran, frekuensi, durasi, dan lokasinya. Baja adalah bahan pilihan sebuah bangunan karena sifatnya yang fleksibel. Baja juga memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menahan beban lateral yang disebabkan oleh angin dan gempa bumi

 

 

  • Ringan, dan lebih ramah lingkungan

 

 

Struktur baja jauh lebih ringan daripada struktur beton dan membutuhkan pondasi yang tidak terlalu luas, sehingga mengurangi dampak lingkungan dari bangunan tersebut. Logikanya begini. Baja adalah bahan yang ringan. Untuk mengangkutnya, dibutuhkan alat pengangkut yang menggunakan bahan bakar. Karena ringan, maka lebih banyak yang bisa diangkut untuk sekali jalan. Kesimpulannya, lebih sedikit bahan bakar yang dibutuhkan.

Meskipun struktur baja sangat direkomendasikan, namun Anda perlu tahu juga kekurangannya. Pada temperatur yang tinggi, baja akan kehilangan kekuatannya dan rentan terhadap api. Selain itu, jika di tempat-tempat tertentu dengan kelembaban tinggi, atau di daerah kelautan, baja bisa lebih mudah berkarat.

 

baca juga ilmu sipil

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya