5 GEDUNG TERTINGGI DI DUNIA

by | Feb 20, 2020 | Berita Konstruksi | 0 comments

Premium Membership 2 Bulan

Rp 16.000,- / Month
12 Months pre pay Rp192.000,-

Archives

Klik Play untuk mendengarkan rangkuman audio dari artikel berikut

 

Selama hampir setengah abad, dari tahun 1931 hingga awal 1970-an, Empire State Building setinggi 1.454 kaki adalah penyandang gelar bangunan tertinggi di dunia. Seiring berjalannya waktu, gedung pencakar langit telah menjadi sebuah simbol dan ciri khas sebuah kota. Hal ini menyebabkan Empire State Building tergeser keluar dari top 5 gedung tertinggi di dunia. Lalu gedung-gedung manakah yang berhasil menggeser posisi bangunan yang berlokasi di Manhattan New York ini? Mari kita simak selengkapnya.

Gedung Pencakar Langit

Ilustrasi Gedung Pencakar Langit (sumber gambar : Pixabay from pexels.com)

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa

Burj Khalifa (sumber gambar : Walid Ahmad from pexels.com)

  • Lokasi: Dubai
  • Tinggi: 828 meter (2,716 feet)
  • Jumlah lantai: 163
  • Diresmikan: 2010

Menjulang 828 meter di atas metropolis Dubai, Burj Khalifa adalah bangunan urutan pertama yang tertinggi di dunia. Menara dengan lantai berjumlah 163 lantai ini di desain dengan menggabungkan pengaruh budaya lokal dengan teknologi canggih dan tak lekang oleh iklim gurun yang ekstrem.

Tingginya mencapai 828 meter, tiga kali lebih tinggi dari Menara Eiffel dan hampir dua kali lebih tinggi dari Empire State Building. Meletakkan ujung ke ujung, potongannya membentang lebih dari seperempat jalan di seluruh dunia. Ketinggian awan yang menusuk tentu merupakan salah satu fakta paling mengesankan tentang Bruj Khalifa.

Selain memegang rekor dunia sebagai gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa memegang enam rekor dunia lainnya termasuk karya arsitektural tertinggi di dunia, memiliki lantai tertinggi di dunia, memiliki dek observasi luar ruang tertinggi di dunia, memiliki lift dengan jarak perjalanan terpanjang di dunia.

 

2. Shanghai Tower

Shanghai Tower

Shanghai Tower (sumber gambar : Wikipedia.org)

  • Lokasi: Shanghai, China
  • Tinggi: 632 meters (2,073 feet)
  • Jumlah lantai: 126
  • Diresmikan: 2015

Diresmikan untuk umum pada tahun 2016, Shanghai Tower adalah salah satu karya arsitektural paling mengesankan di dunia. Menara Shanghai terletak sangat dekat dengan Menara Jin Mao dan Pusat Keuangan Dunia di Shanghai, yang merupakan dua gedung tertinggi di kota ini. Karena ketinggiannya, Menara Shanghai sangat mudah dilihat dari Bund dan banyak tempat berbeda lainnya di kota ini.

Shanghai Tower adalah bangunan serba guna seperti gedung pencakar langit lainnya yang juga berfungsi sebagai perkantoran, hotel, dan juga menyediakan ruang untuk pariwisata atau observasi, ritel, parkir, pameran, dan pertunjukan seni.

Hal yang menjadi nilai plus dari bangunan ini adalah desainnya yang berlandaskan tema “go green” dimana desainnya dikelilingi fasad dalam rangka mengurangi ketergantungan pada sumber cahaya buatan manusia. Hal ini dapat mengurangi emisi karbon sangat besar dan sangat bermanfaat bagi lingkungan kota.

 

3. Makkah Royal Clock Tower

Makkah Royak Clock Tower

Makkah Royak Clock Tower (sumber gambar : Wikipedia.org)

  • Lokasi: Mecca, Saudi Arabia
  • Tinggi: 601 meter (1,972 feet)
  • Jumlah lantai: 120
  • Diresmikan: 2012

Abrāj al-Bayt atau yang dibaca Abrāj al-Bait, atau yang dikenal dengan nama Makkah Royal Clock Tower merupakan kompleks pencakar langit multitowered yang berdekatan dengan Masjid Agung di Mekah, Arab Saudi. Tower ini bangun sejak tahun 2004 dan selesai pada tahun 2012 dengan tinggi 1.972 kaki (601 meter). Kompleks Abrāj al-Bayt memiliki luas lantai sekitar 16 juta kaki persegi (1,5 juta meter persegi), hampir setara dengan luas Terminal 3 Bandara Internasional Dubai. Kompleks ini terdiri dari hotel, pusat perbelanjaan, apartemen tempat tinggal, dan area doa yang mampu menampung ribuan jamaah. Dirancang dan dibangun oleh Saudi Binladin Group, bersama dengan sejumlah perusahaan Saudi dan internasional lainnya, seluruh proyek dilaporkan menelan biaya sebesar $3 miliar.

Kompleks ini terdiri dari tujuh Menara, dengan menara pusat berlantai 95 yang dikelilingi oleh enam menara yang menjulang setinggi antara 42 dan 48 lantai. Sebagian besar ruang dikhususkan untuk hotel-hotel mewah untuk mengakomodasi para pengunjung yang hendak berkunjung ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji dan pelancong bisnis dan wisatawan.

 

4. Ping An Finance Center

Ping An Finance Centre

Ping An Finance Centre (sumber gambar : Wikipedia.org)

  • Lokasi: Shenzhen, China
  • Tinggi: 599.1 meter (1,965 feet)
  • Jumlah lantai: 115
  • Diresmikan: 2017

Menara Menara Ping An Finance Center (PAFC – 平安 国际 金融 中心) adalah destinasi baru yang wajib dikunjungi apabila anda ke Shenzhen, Cina. Dengan ketinggian 599,1 meter, menara ini terletak di CBD Futian dekat Coco Park. Menara ini berbentuk runcing dan pada bagian ujung atasnya berbentuk piramida.

Menara ini dihiasi oleh fasad yang bermaterial stainless steel dengan total 1.700 ton stainless steel 316L. Hal ini bertujuan untuk tahan terhadap iklim Shenzen. Di menara ini terdapat sebuah dek observasi dan terbuka untuk kunjungan setiap harinya.

 

5. Lotte World Tower

Lotte World Tower

Lotte World Tower (sumber gambar : Wikipedia.org)

  • Lokasi: Seoul, Korea
  • Tinggi: 555 meters (1,821 feet)
  • Jumlah lantai: 123
  • Diresmikan: 2017

Lotte World Tower KPF di Seoul, Korea Selatan secara resmi selesai pada tahun 2017 lalu. Dengan tinggi 555 meter, bangunan ini menjadi gedung tertinggi di Korea (250 meter lebih tinggi dari gedung tertinggi sebelumnya, Menara Perdagangan Asia Timur Laut) dan gedung tertinggi ke-5 di dunia.

Desain menara berlantai 123 ini adalah dari keramik dan kaligrafi tradisional Korea, menjulang keatas dan berbentuk runcing yang kontras dengan topografi pegunungan kota. Di dalam menara terdapat pusat perbelanjaan, kantor, dan hotel mewah bintang tujuh. Tempat ini menawarkan apartemen bergaya studio untuk karyawan yang bekerja di gedung tersebut dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang biasanya ditemukan di hotel-hotel seperti perabotan standar, layanan front desk, dan akses gym.

Lotte World Tower berhasil menggeser Menara Kembar Petronas atau Twin Tower yang terdapat di Kuala Lumpur dengan tinggi 452, keluar dari daftar 10 bangunan tertinggi sejak dibuka pada tahun 1998.

 

Baca juga berita konstruksi

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lihat Juga Artikel Lainnya